Sukses

Raih Pendanaan Seri C, Bareksa Kukuhkan Sinergi dengan Grab dan OVO

Bareksa menawarkan mereka peluang investasi dengan pembayaran yang ditangani oleh OVO.

Liputan6.com, Jakarta Bareksa meraih pendanaan Seri C dari Grab. Adapun pendanaan ini ternyata sudah dirampungkan sejak akhir Oktober 2021. Lewat sinergi ini, Bareksa nantinya akan mendapatkan akses ke pengguna sekaligus mitra Grab.

Kemudian menawarkan mereka peluang investasi dengan pembayaran yang ditangani oleh OVO. Hal itu tentunya akan membantu meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

“Kami bangga dapat menjadi bagian dari keluarga Grab dan OVO yang saat ini merupakan pemain digital terkemuka di Indonesia,” ujar Co-founder/CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra, Kamis (25/11/2021).

Dia mengatakan jika saat bersinergi dengan Grab dan OVO, Bareksa akan dapat semakin luas memberikan akses.

Kemudian mengedukasi manfaat investasi dan memberikan pengalaman e-investasi yang seamless kepada jutaan mitra pengemudi, pemilik kios dan UMKM, serta pengguna Grab dan OVO.

Di samping itu, pendanaan tersebut juga sejalan atas keberhasilan Bareksa yang telah menjadi platform e-investasi.

Bareksa juga terus memperkuat sinergi dengan platform pembayaran digital OVO dan Grab. Sebelumnya, platform digital tersebut sudah menyuntikkan dana Seri B ke Bareksa pada 2019.

Langkah tersebut mencerminkan besarnya potensi pertumbuhan pasar wealth management Indonesia. Mengingat pada 2020, tingkat penetrasi reksa dana di Indonesia hanya 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun, di tengah pandemi COVID-19, jumlah investor pasar modal justru bertambah. Seiring hal itu, Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, sampai dengan Agustus 2021, ada 6 juta investor pasar modal.

KSEI menyampaikan bahwa sepanjang 2020, 70 persen investor ritel, membeli reksadana melalui platform fintech.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Mendukung Jasa Keuangan

Menanggapi terkait suntikan dana ke Bareksa, Country Managing Director Grab Neneng Goenadi mengatakan bahwa investasi tersebut dilakukan untuk memperkuat bisnis jasa keuangan di Indonesia.

“Investasi kami di Bareksa memperkuat bisnis jasa keuangan di Indonesia dan mempertegas komitmen Grab Indonesia dalam mendorong perkembangan ekosistem startup. Dengan sinergi ini, kami juga berencana menawarkan peluang kepada mitra dan pengguna kami untuk berpartisipasi di pasar modal melalui platform Bareksa. Kami berharap sinergi antara Grab, OVO, dan Bareksa akan semakin kuat dan berperan besar dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di tanah air,” jelasnya.

Seperti yang sudah dijelaskan, kolaborasi tersebut juga melibatkan paltform pembayaran digital lain yaitu OVO. Hasilnya, sinergi OVO-Bareksa ternyata juga bisa menimbulkan dampat positif.

Hal itu diungkapkan CEO OVO Jaygan Fu Ponnudurai. Dikatakan jika sinergi OVO-Bareksa telah membuktikan bahwa kolaborasi dan inovasi antara platform pembayaran digital dan wealth-tech memiliki dampak positif yang riil dalam perluasan layanan pasar modal.

Kerja sama yang terjalin antara tiga perusahaan ini seperti sebuah Pohon Uang (Pachira Aquatica). Pohon tersebut memiliki batang yang saling terjalin dan daunnya tumbuh dengan subur.

Menurut sebuah kepercayaan, Pohon Uang dari Tiongkok ini merupakan simbol kemakmuran dan dipercaya bisa menangkap keberuntungan yang membawa kehidupan yang bermakna dan bahagia.

 

 

3 dari 3 halaman

Program #ThREEforGod

Seiring dengan sinergi ini, ketiga platform kemudian meluncurkan sebuah program dengan tiga kebaikan. Program tersebut bernama #ThREEforGod.

Ternyata program tersebut terdiri dari dua inisiatif. Pertama adalah investasi untuk membantu sesama. Program ini berkolaborasi dengan platform crowfunding BenihBaik pimpinan Andy F. Noya. Tujuannya adalah untuk membantu dana pendidikan bagi 30.912 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat wabah Covid-19.

Dana yang telah terkumpul itu akan disumbangkan untuk biaya SPP, laptop, kuota data internet, buku, dan alat-alat tulis. Distribusi akan dilakukan di lima provinsi, yaitu Jawa Tengah (7.139 anak), Jawa Timur (7.019), Jawa Barat (3.571), DKI Jakarta (1.913), dan Kalimantan Timur (1.425).

Karaniya mengatakan, “Dari setiap transaksi pembelian produk investasi yang dilakukan oleh nasabah, Grab-Bareksa-OVO akan mendonasikan 0,5 persen dari nilai transaksi dan akan disalurkan ke anak-anak yatim piatu COVID-19 melalui BenihBaik.”

Inisiatif kedua adalah program promosi bagi para nasabah pengguna platform Grab-Bareksa-OVO. Setiap transaksi pembelian produk investasi (reksa dana) di Bareksa senilai minimal Rp 1 juta, dengan menggunakan metode pembayaran OVO Cash selama periode promo berkesempatan mendapatkan hadiah OVO Points hingga Rp100.000 dan voucher Grab hingga Rp100.000.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini