Sukses

Membantu Melawan Stres dengan Meditasi, Ini Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Berjalannya waktu, ketergantungan pada kemajuan teknologi, ketatnya tenggat waktu, dunia yang semakin kompetitif dan upaya untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional, membuat kehidupan setiap orang mungkin semakin hari semakin stres.

Untuk mengatasi stres di kehidupan modern saat ini, sangat penting untuk melakukan meditasi. Melansir dari laman magforwoman, inilah beberapa cara meditasi membantu melawan stres.

1. Membawa keadaan tenang

Meditasi sebagai praktik diamati dalam keheningan total. Beberapa menit ke dalamnya dan pikiran mulai tenang dan Anda akan merasa bahwa stres yang sebelumnya dirasakan akan berangsur menghilang dan terlupakan.

2. Membantu untuk melihat gambar yang jelas

Keheningan dan ketenangan yang menyertai meditasi akan membantu untuk melihat gambaran yang jelas tentang hal-hal yang mengganggu dan secara otomatis Anda akan menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Memberi Anda istirahat yang sangat dibutuhkan

Tindakan meditasi bukan hanya tentang menutup mata. Ini juga tentang menutup dan menjernihkan pikiran dari semua pikiran yang tidak perlu.

Akibatnya, ini akan membawa diri Anda ke dalam keadaan hampa dan mengistirahatkan sejenak mata dan pikiran yang tentunya sangat dibutuhkan tubuh. 

4. Meremajakan Anda

Meditasi memberi waktu untuk diri sendiri dan kesempatan untuk introspeksi. Ini merupakan kesempatan untuk berpikir dari perspektif yang berbeda. Dapat pula bertindak sebagai pengalaman yang meremajakan dan merangsang pribadi Anda.

2 dari 2 halaman

5. Mengembalikan pikiran yang terlupakan

Sering kali, karena jadwal yang sibuk, beberapa pemikiran dan ide penting mungkin tidak diperhatikan.

Meditasi ini baik untuk membantu Anda mengembalikan pikiran-pikiran itu dan memilah serta mengatur masalah-masalah penting, sehingga membebaskan diri dari stres.

6. Membantu melihat ke belakang

Dengan ketenangan dan keheningan yang dicapai selama meditasi, pikiran dapat melihat kembali tindakan dan pikiran hari itu dan membuat catatan mental untuk memperbaikinya.

7. Membantu melepaskan ketegangan

Meditasi membuat tubuh menjadi rileks dan melepaskan semua energi negatif. Ketegangan dan stres akan menemukan jalan keluarnya dan tubuh akan terasa menjadi sangat nyaman.

8. Mentransfer Anda ke zona yang berbeda

Meditasi membantu memindahkan diri ke zona yang sama sekali berbeda di mana Anda untuk sementara melupakan stres dan masalah saat ini. Saat bangun, Anda akan merasakan kesegaran pada perasaan.

BERANI BERUBAH: Pasukan Emak-Emak Lawan Covid-19