Sukses

Rawat Rambut Keriting dengan 5 Bahan Rumahan Ini

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut keriting.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan cuaca ternyata dapat memengaruhi kondisi rambut seseorang. Salah satunya rambut keriting. Hal ini disebabkan karena kurangnya produksi minyak alami oleh kulit kepala yang kemudian dapat membuat rambut dehidrasi.

Di samping itu, ada pula wanita yang memang dilahirkan memiliki rambut keriting. Tidak masalah dengan rambut keriting atau lurus, yang terpenting hanyalah menjaga dan merawatnya.

Dilansir dari laman Times of India, Kamis (23/9/2021), berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan rambut keriting.

1. Masker pisang dan madu

Pisang dan madu bisa dicampurkan menjadi masker untuk perawatan rambut keriting. Caranya adalah hancurkan satu buah pisang dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok makan madu dan minyak zaitun ke dalamnya.

Kemudian, oleskan campuran tersebut ke rambut Anda. Diamkan selama kurang lebih 25 menit. Setelah itu, cuci bersih menggunakan sampo dan gunakan kondisioner yang biasa Anda gunakan. Lakukanlah cara ini setidaknya seminggu sekali.

2. Masker mayonaise dan telur

Selain untuk pelengkap salad, mayonaise juga bisa digunakan untuk perawatan rambut keriting. Hasilnya akan lebih baik jika ditambahkan telur.

Untuk membuat masker rambut ini caranya adalah tuang mayonaise dan telur secukupnya ke dalam mangkuk. Jangan lupa untuk mencampurkannya dengan minyak zaitun.

Campurkan ketiga bahan tersebut. Setelah tercampur rata, oleskanlah ke rambut Anda hingga ke kulit kepala.

Gunakanlah handuk panas untuk menutupi rambut yang sudah dioleskan campuran tadi kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu, barulah cuci bersih rambut menggunakan sampo dan jangan lupa beri kondisioner. Lakukanlah cara ini setidaknya dua kali dalam sebulan.

3. Minyak almond

Minyak almond ini sangat bagus untuk dijadikan bahan perawatan bagi orang yang memiliki rambut keriting.

Caranya mudah hanya dengan mengoleskan minyak almond ke rambut hingga kulit kepala. Pijat rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan semalaman, jangan dulu dicuci. Keesokan harinya, barulah Anda cuci bersih rambut dengan sampo.

Jika Anda memilih untuk menggunakan bahan ini, sangat disarankan untuk melakukannya di saat malam hari sebelum tidur.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Cuka sari apel

Selain dijadikan sebagai perawatan kulit dan wajah, cuka sari apel juga bisa digunakan untuk perawatan rambut.

Caranya adalah encerkan empat sendok makan cuka sari apel dengan air. Setelah itu, gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut Anda.

Alangkah lebih jika setelah membilas rambut dengan campuran ini, diamkanlah terlebih dahulu selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, barulah bilas dengan air dingin.

5. Masker alpukat

Selain menyegarkan untuk dibuat jus, alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk rambut. Jadikanlah alpukat ini sebagai masker untuk rambut Anda.

Caranya adalah campurkan alpukat dengan yogurt untuk membuat masker yang halus dan lembut. Setelah itu, oleskan masker alpukat ini ke rambut Anda dan biarkan selama kurang lebih 40 menit. Jika sudah selesai, cuci bersih dengan menggunakan sampo dan jangan pula gunakan kondisioner.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini