Sukses

8 Tipe Teman Toxic yang Harus Segera Dihindari

Tidak semua teman itu baik. Tinggalkan 8 tipe teman ini agar Anda terbebas dari kesengsaraan dalam bergaul.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua teman dapat bertahan seumur hidup. Beberapa tinggal sebentar dan kemudian berpisah. Beberapa orang dianggap bukan orang yang menyenangkan, tetapi kemudian menjadi sahabat seumur hidup. 

Ketika kita berteman, kita mencari persamaan satu sama lain yang pada dasarnya sesuatu yang akan menghubungkan. Seiring bertambahnya usia, teman-teman sejati ternyata adalah orang-orang yang Anda pegang dan mereka yang tetap berhubungan dengan Anda. 

Meskipun teman yang baik dan sejati mungkin sulit didapat, ada beberapa jenis teman yang lebih merugikan, mereka bersifat racun dan justru merugikan. Melansir dari laman magforwoman, di bawah ini adalah 8 tipe teman yang harus Anda hindari.

1. Kekanak-kanakan

Seperti bayi menangis, mereka adalah teman yang selalu memiliki sesuatu untuk direngekkan. Setiap kali bertemu, mereka memiliki banyak kesengsaraan untuk dibicarakan. Meskipun berbagi kesulitan dengan seorang teman dapat diterima, seorang teman yang menggunakan Anda sebagai tempat sampah untuk mengosongkan semua energi negatifnya bersifat racun. 

Sifat yang seperti ini akan menarik semua energi dan menguras Anda dengan tidak ada yang disimpan untuk kesejahteraan diri Anda sendiri.

2. Hanya memanfaatkan

Teman seperti ini selalu ada tetapi hanya ketika mereka membutuhkan. Saat tujuan mereka terpenuhi, mereka menghilang. Jika Anda meminta bantuan mereka, mereka tidak bisa ditemukan dan jelas Anda tidak ada dalam daftar prioritas mereka. 

Namun, jika mereka membutuhkan bantuan atau dukungan Anda lagi, mereka kembali seolah-olah sebagai teman terbaik. Singkirkan teman seperti ini sesegera mungkin.

3. Pamrih

Bagi mereka, hidup adalah kartu nilai, dan segalanya tentang membalas dendam. Mereka sangat kalkulatif bahkan jika mereka membantu Anda sedikit, mereka akan membuat catatan mental tentang itu dan memastikan bahwa Anda membayar kembali ketika saatnya tiba. 

Masalah mereka bukanlah orang yang tulus dan melakukan segala sesuatu dari sudut pandang barter dengan tujuan semata-mata untuk mendapatkan kembali apa yang telah mereka berikan, yang setidaknya jelas bukan pengaturan persahabatan yang dapat diterima.

4. Egois

Hidup mungkin adalah tentang memberi dan menerima, bahkan ketika menyangkut persahabatan, tetapi yang menarik adalah teman yang hanya tahu satu bagian dari aturan ini.

Yang mereka tahu hanyalah menerima, dan memberi kembali tidak ada dalam daftar tugas mereka. Teman yang seperti ini akan terus mengambil dari orang lain, termasuk Anda tanpa pertimbangan timbal balik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Penipu

Penipu adalah orang yang berpura-pura menjadi teman sementara diam-diam membenci. Mereka adalah orang-orang yang selalu ada untuk Anda, selalu memberi selamat, memuji dan bahkan memotivasi tetapi untuk beberapa alasan akan menyembunyikan perasaan mereka yang sebenarnya. 

Kadang-kadang mereka begitu bersemangat sehingga terbukti menipu, dan jika Anda mendapat petunjuk sekecil apa pun tentang teman seperti itu, hindari mereka mulai sekarang.

6. Orang narsisis

Bagi orang narsisis, dunia berputar hanya di sekitar mereka. Segala sesuatu tentang mereka dan jika pernah mencoba untuk berbicara tentang diri sendiri atau masalah Anda, mereka akan menemukan cara untuk mengubah topik atau mengarahkan topik diskusi dengan cara yang sekali lagi hanya tentang mereka. 

Orang yang memiliki tipe ini begitu terobsesi pada diri sendiri sehingga kehidupan dan masalah orang lain tampak terlalu sepele untuk mereka bicarakan atau konsentrasikan.

7. Tidak dewasa

Ada beberapa teman yang masih kekanak-kanakan, dan bukan tipe yang menggemaskan dan ceria tetapi mereka yang belum dewasa dan tidak bisa menahan emosi dan ledakan. 

Singkirkan mereka karena Anda tidak akan bisa menangani ketidakdewasaan mereka yang terkadang berlebihan dan membuat malu di depan umum, dan juga merugikan kesejahteraan pribadi Anda. 

Mereka tidak dapat mengatasi stres atau konflik atau menangani ketegangan, dan reaksi mereka terhadap situasi begitu naif, sehingga mengganggu dan terkadang beracun.

8. Menyalahkan

Jenis teman yang selalu menemukan cara untuk menyalahkan segala sesuatu yang tidak beres pada Anda. Bagi mereka, Anda bertanggung jawab atas segala hal yang perlu dikeluhkan. 

Mereka akan menyalahkan dan membuat Anda merasa bersalah atas hal kecil yang tidak pantas yang terjadi sehingga akan lebih baik tanpa kehadiran mereka dalam hidup.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini