Sukses

5 Alasan Harus Merasa Bangga Jadi Ibu

Liputan6.com, Jakarta Ibu adalah sosok yang luar biasa. Pernyataan ini bukan berarti bahwa seorang Ayah tidak. Tetapi, anggap saja para ibu seringkali menang melawan Ayah dengan beberapa poin dalam hal memasak makanan enak dan mendapatkan hadiah terbaik dari anak.

Sejak saat lahir, Anda bisa jadi tidak pernah bisa membayangkan hidup tanpa ibu terutama selama beberapa tahun pertama.

Bahkan, tidak ada yang bisa membayangkan seluruh hidup mereka tanpa kehadiran seorang ibu karena mereka adalah pilar pendukung yang kuat bagi kita. 

Ibu adalah individu yang istimewa. Mereka seperti pahlawan super yang menyamar sebagai manusia biasa. Mereka juga seperti malaikat.

Kita semua tumbuh dengan cinta dan perhatian yang diberikan ibu kepada kita, dan sekarang, bisa jadi Anda adalah salah seorang ibu juga. 

Jadi, setiap kali seseorang bertanya seperti apa pengalaman menjadi seorang ibu, beri tahu mereka bahwa Anda bahagia dan puas.

Anda harus bangga dengan diri sendiri, daripada membiarkan orang berpikir bahwa menjadi ibu itu tidak istimewa. 

Sebagaimana dikutip dari MagForWomen, Senin (24/05/2021), menjadi seorang ibu bukanlah pekerjaan biasa dan berikut adalah alasan mengapa Anda harus merasa bangga menjadi seorang ibu.

1. Anda membawa kehidupan baru ke planet ini

Merupakan suatu kehormatan, hak istimewa dan berkah untuk dapat membawa kehidupan baru ke planet ini. Tidak semua orang bisa melakukannya. 

Anda bisa dan bahkan telah melakukannya. Maka, Anda harus merasa bangga bahwa Anda telah mengambil langkah untuk membawa kehidupan baru dan memajukan umat manusia. Sungguh hal yang suci dan mulia untuk dilakukan.

2 dari 3 halaman

2. Anda mendidik anak-anak

Sebagai seorang ibu, pekerjaan Anda tidak berakhir hanya dengan melahirkan anak. Anda mendidik mereka dan pendidikan ini tidak hanya terbatas pada memastikan mereka mengerjakan pekerjaan rumah sekolah mereka. 

Anda juga mengajari mereka sopan santun dan etika, memberi mereka pelajaran hidup, dan mengajari mereka bagaimana menjadi manusia yang baik secara umum. 

Anda mengajari mereka hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh sekolah manapun, dan dengan demikian, Anda adalah sumber utama pengetahuan dan jawaban mereka untuk apapun dan segala sesuatu dalam hidup.

3. Anda berkorban

Beberapa ibu menyerah pada karir dan pekerjaan mereka untuk dapat membesarkan anak-anak dan fokus sepenuhnya dan semata-mata pada mereka. Dan di lain waktu, Anda berkorban pada waktu pribadi Anda, janji temu dan menunda pekerjaan Anda untuk datang ke acara sekolah mereka, kunjungan dokter mereka, dan lain-lain. 

Jika anak-anak menginginkan lebih banyak makanan, Anda mengeluarkannya dari piring Anda dan memberi itu kepada mereka ketika tidak ada lagi yang tersisa di atas meja. 

Anda melakukan apa pun untuk membuat anak-anak senang dan puas, dan dalam prosesnya Anda membuat banyak kompromi dan pengorbanan. Anda harus bangga akan hal itu karena hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan oleh semua orang.

3 dari 3 halaman

4. Anda mampu melakukan beragam pekerjaan di waktu yang bersamaan

Anda bisa berperan sebagai dokter, guru, teman bermain, konselor, dan banyak lagi bagi anak-anak Anda. Anda melakukan banyak tugas untuk mengatur pakaian, makanan, pekerjaan rumah, waktu bermain, kesehatan, dan kebutuhan mereka lainnya. 

Ini adalah keterampilan yang berkembang hanya ketika Anda menjadi ibu dan memiliki tanggung jawab anak-anak pada Anda dan tidak ada orang lain yang memiliki energi dan antusiasme semacam ini untuk melakukan begitu banyak hal untuk orang lain dalam hidup. 

Hanya para ibu yang melakukan ini tanpa lelah selama berjam-jam setiap hari dan sepanjang hidup mereka.

5. Anda tahu apa yang terbaik

Anda telah melahirkan anak-anak Anda dan telah melihat mereka tumbuh dalam jarak pandang yang sangat dekat. Hanya Anda yang tahu seperti apa perubahan suasana hati dan emosi mereka dan hanya Anda yang tahu cara menghibur mereka di hari yang suram. 

Tidak ada TV, tidak ada pengasuh, tidak ada teman yang bisa ada untuk mereka sebanyak yang Anda bisa dan dengan cara yang Anda bisa. 

Anda tahu apa yang terbaik untuk hidup mereka secara umum dan mungkin itulah alasan mengapa anak-anak selalu meminta nasihat ibu mereka dalam hal-hal terpenting.

Sangat umum bagi orang untuk bertanya kepada seseorang yang baru menjadi ibu tentang mengapa mereka memilih untuk memiliki anak. Juga mudah bagi orang untuk mengatakan bahwa mereka mungkin tidak ingin punya anak karena itu melibatkan banyak pekerjaan. 

Tapi kenyataannya, begitu Anda punya anak, semuanya terasa sepadan dan semua ibu akan menjaminnya. 

Setiap orang harus merasa bangga menjadi seorang ibu, termasuk Anda, karena Anda membawa kebahagiaan dan kegembiraan bagi anak-anak Anda, dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana