Sukses

Ingin Menjalin Hubungan yang Seimbang, Begini Caranya

Tips menjaga keseimbangan dalam sebuah hubungan.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan bisa sangat menguji dan sulit untuk dikelola, terutama ketika Anda baru di dalamnya. Untuk memahami orang lain, menerima kekurangan mereka, mengakui kesalahan sendiri dan tetap mencintai pasangan dan membuat hubungan yang hebat membutuhkan banyak waktu, tenaga dan kesabaran.

Namun, jika Anda mengembangkan beberapa kebiasaan dasar dan mengubah sedikit persepsi, Anda akan menyadari bahwa menjaga hubungan yang seimbang dan sehat bukanlah tugas yang mustahil, dan hanya membutuhkan sedikit dedikasi dan komitmen.

Berikut beberapa cara untuk menjaga hubungan yang seimbang, melansir dari magforwoman.

1. Hormati Pasangan

Sangat penting untuk menghormati pasangan. Terlepas dari seberapa nyaman antara satu sama lain atau sudah berapa lama bersama, Anda tidak dapat mengatakan hal-hal yang melecehkan satu sama lain dan mempermalukan pasangan di depan umum.

Sama seperti menghormati orang yang lebih tua dan orang tua, Anda juga perlu menghormati pasangan dan tidak menganggap remeh. Jika mengingat hal itu, setengah dari insiden pertengkaran akan dihentikan, dan akan memahami pentingnya negosiasi damai dan percakapan yang tepat.

2. Berharap Secara Realistis

Salah satu alasan mengapa hubungan sering kehilangan keseimbangan dan menjadi buruk adalah karena salah satu atau kedua orang dalam hubungan mulai berharap terlalu banyak dari satu sama lain. Anda harus memahami bahwa ada beberapa hal yang mampu dilakukan seseorang, dan beberapa hal yang tidak mampu dilakukan.

Saat membagi pekerjaan rumah tangga dan tanggung jawab, Anda perlu mengingat area kenyamanan satu sama lain daripada memaksakan satu sama lain. Dengan begitu, Anda tahu persis apa yang diharapkan dan apa yang tidak diharapkan, dan itu mengurangi insiden kekecewaan dan pertengkaran yang diakibatkannya.

3. Beri Ruang

Saling percaya dan beri ruang untuk satu sama lain. Mencoba menyesuaikan diri dalam setiap aspek kehidupan pasangan Anda tidak menyisakan ruang bernafas baginya dan menghalangi pertumbuhan individu atau pribadinya, yang seringkali dapat menjengkelkan dan sesak, kemarahan dan frustrasinya dapat masuk ke dalam hubungan dan menyebabkan pertengkaran.

Bangun rasa aman tertentu dalam hubungan dan biarkan satu sama lain berada di beberapa area kehidupan. Hanya individu yang bahagia yang bisa bersatu untuk membuat hubungan yang bahagia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Bicara

Ketika tidak berbicara satu sama lain atau menjadi vokal tentang perasaan karena ego atau takut menyakiti seseorang, Anda membatasi proses mendapatkan solusi untuk masalah yang mengganggu hubungan. Selalu bersikap sopan dalam percakapan dan dengarkan sebanyak yang diinginkan.

Dengan begitu Anda dan pasangan akan mengetahui kedua sisi cerita dan mencapai kesimpulan yang dapat dilakukan bersama.

5. Beri Waktu

Jika Anda kehilangan harapan di tengah-tengah, atau berhenti berusaha, tidak akan mungkin untuk mencapai akhir yang bermanfaat. Diperlukan menangani hubungan dengan hati-hati dan kesabaran agar bisa berjalan dengan lancar dan benar.

Usahakan untuk selalu merencanakan liburan di antara jadwal kerja yang padat dan cobalah untuk makan setidaknya satu kali makan bersama setiap hari.

Bersyukurlah bahwa Anda telah menemukan seseorang untuk menghabiskan hidup, sementara banyak orang lain masih mencari itu. Pahamilah bahwa ini bukan tentang orang yang menghabiskan hidup bersama, tetapi yang lebih penting tentang cara memperlakukan orang itu di dalam hubungan.

Jika sikap dan pendekatan benar maka, hubungan akan selalu sehat dan seimbang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini