Sukses

Manfaat di Balik Buah Pepaya untuk Merawat Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Pepaya merupakan salah satu buah yang selalu tersedia sepanjang tahun. Warnanya yang menarik membuat pepaya menjadi salah satu buah yang mungkin disukai oleh anak-anak atau orang dewasa dan sangat menggugah selera.

Selain warnanya yang menarik, pepaya juga kaya akan antioksidan sehingga sehat untuk dikonsumsi. Ternyata di samping itu, buah pepaya juga seringkali dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan.

Melansir Magforwoman, Selasa (29/12/2020), berikut ini beberapa manfaat yang ditawarkan pepaya untuk perawatan kecantikan Anda.

1. Menyehatkan kulit

Selain mengandung antioksidan, pepaya juga mengandung vitamin A dan enzim papain. Kandungan tersebut dapat membuat kulit terhidrasi dan lembap. Pepaya juga bisa digunakan untuk perawatan wajah.

Anda bisa memanfaatkannya untuk masker wajah. Cukup mencampurkan dan memberi tambahan sedikit madu, Anda bisa memanjakan wajah Anda dengan campuran tersebut.

Dengan perawatan seperti itu, pepaya yang dijadikan masker dinilai dapat menghidrasi kulit dan memberi kesan kulit berkilau. Di samping itu, Anda juga bisa menyingkirkan sel kulit mati.

2. Merawat rambut

Buah ini juga mampu mengondisikan dan menutrisi khususnya untuk rambut Anda. Tumbukan pepaya yang dicampurkan dengan minyak almond atau zaitun atau yoghurt dan madu dinilai mampu membuat rambut terlihat halus dan lembut jika Anda mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala Anda. Lakukanlah hal tersebut selama kurang lebih satu jam.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Mengobati tumit pecah-pecah

Tumit pecah-pecah menjadi salah satu hal yang sering dipermasalahkan oleh seseorang, khususnya perempuan. Namun, tidak perlu khawatir lagi. Anda sekarang bisa mengobatinya dengan mengoleskan pepaya yang sudah dihaluskan.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkannya dengan pisang atau madu. Biarkanlah selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, bersihkanlah. Anda bisa melakukannya setidaknya dua kali dalam seminggu untuk melihat hasil yang nyata.

4. Mengurangi jerawat

Selain untuk menghaluskan tumit yang pecah-pecah, pepaya juga bisa untuk menghilangkan jerawat. Dengan mengoleskan kulit pepaya yang masih segar ke wajah, dinilai dapat membantu Anda menghilangkan jerawat.

Asam Alfa-Hidroksi dalam pepaya secara alami akan membuatnya menjadi asam. Hal itu yang dapat membantu Anda mengurangi jerawat dan melawan penuaan.

5. Mengurangi bintik hitam

Dengan mencampurkan pepaya dan susu dapat membantu Anda mempercantik wajah Anda. Pepaya juga dinilai dapat mengurangi bintik-bintik hitam yang ada di wajah. Bahkan bisa juga untuk meratakan warna kulit.

Jika dicampurkan dengan susu, pepaya bisa bekerja lebih baik lagi karena diyakini dapat meningkatkan kecerahan dan kualitas kulit secara keseluruhan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini