Sukses

Bikin Melongo, Gadis Cilik 7 Tahun Ini Bisa Angkat Beban Sampai 80 Kg

Dia mulai mengangkat beban dengan gaya snatch dan clean and jerk, di bawah pengawasan seorang pelatih, dan secara bertahap mengembangkan kekuatannya.

Liputan6.com, Jakarta Rory van Ulft, pesenam cilik Kanada berusia 7 tahun, membuat takjub banyak orang dengan prestasinya dalam angkat beban.

Ia baru-baru ini menjuarai US Youth National Champion kelompok umur di bawah 11 tahun, menjadikannya yang termuda menjuarai kompetisi ini sepanjang sejarah.

Rory mulai angkat beban sekitar dua tahun lalu, sebagai cara untuk menjadi lebih kuat. Ia sudah memulai nge-gym karena ia tahu bisa terluka saat melakukan hal-hal tertentu, jika dia tidak cukup kuat.

Dia mulai mengangkat beban dengan gaya snatch dan clean and jerk, di bawah pengawasan seorang pelatih, dan secara bertahap mengembangkan kekuatannya ke titik, di mana dia sekarang mengangkat beban yang mungkin akan dihadapi beberapa orang dewasa.

Dia bisa merebut 32 kg, clean and jerk 42kg, serta squat 61kg, dan deadlift 80kg menggunakan palang wanita Olimpiade.

“Saat dia pertama kali memulai, saya membencinya. Sangat menakutkan menyaksikan [anaknya] mengangkat benda-benda berat yang hampir tidak bisa saya angkat. Sekarang saya melihatnya dan saya hanya berpikir, 'Saya sangat bangga padamu!' Dia sangat keren dan dia bisa melakukan hal-hal luar biasa,” kata Lindsay Noad, ibu Rory, seperti dikutip dari OddityCentral.

Memikirkan seorang gadis berusia 7 tahun yang mengangkat beban beberapa kali berat badannya menuai kontroversi.

Ditambah banyak yang menunjukkan risiko cedera yang dialami Rory, tetapi keluarga dan pelatihnya tidak setuju, mengklaim bahwa dia memiliki dokter keluarga dan spesialis kedokteran anak yang merawatnya, dan pelatihnya tidak pernah membebani dia dengan beban yang berlebihan.

Melakukan teknik yang tepat untuk menghindari cedera, juga merupakan kunci dalam program pelatihannya.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata pelatih gym

"Untuk saya dan banyak pelatih lain di luar negeri, bahkan satu cedera pada seorang anak saja sudah terlalu banyak," kata Greg Chinn, pendiri JustLift Gym, di Ottawa.

“Jadi untuk anak seusia Rory, kami tidak pernah membebani dia dengan beban yang kami anggap sebagai beban maksimum.”

Tahun lalu, Rory van Ulft mengalahkan 8 dari 13 anak di Kejuaraan Pemuda Nasional AS, dalam kategori perempuan usia 13 tahun ke bawah, meskipun menjadi pesaing termuda dalam dua tahun, dan yang paling ringan dengan hampir 10 kilogram.

Dia membuat kesan yang baik, jadi tidak ada yang terkejut bahwa di kejuaraan tahun ini, dia berhasil mengambil tempat nomor satu.

“Berdasarkan total Sinclair-nya (nilai penentu kelas angkat beban) saat ini, Rory bukan hanya tujuh tahun terkuat di dunia, dia mungkin juga yang terkuat diantara gadis atau laki-laki berusia tujuh tahun terkuat yang pernah ada," kata ayah gadis tersebut, Cavan van Ulft.

“Dalam hal kekuatan relatif Rory dibandingkan dengan semua juara nasional dalam kategori usia dan beratnya, yang bervariasi dari satu negara dengan negara lain, saat ini tidak ada yang bisa menyainginya," tambah Cavan.

Rekor sinclair total Rory yaitu 213,738 pada U.S. National Youth Championships, menjadikannya pengangkat berat kategori 11 tahun kebawah terbaik di Amerika Serikat.

Gadis berusia 7 tahun yang memakai tato tempoer palsu saat berkompetisi tersebut menganggap dirinya sebagai pesenam pertama dan terpenting, dengan mengatakan dirinya suka menjadi lebih kuat sebagai hasil dari angkat beban, karena ini memungkinkannya untuk mencapai rekor baru dalam rutinitas senamnya.

“Saya suka menjadi lebih kuat. Menjadi lebih kuat memungkinkan saya melakukan lebih banyak dan menjadi lebih baik dalam segala hal yang saya coba. Saya tidak memikirkan tentang apa yang terjadi sebelumnya, atau apa yang akan terjadi setelahnya. Saya tidak memikirkan apa pun. Saya hanya menjernihkan pikiran dan melakukannya,” katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.