Sukses

9 Tips Masker Rambut DIY untuk Rambut Berkilau

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara terbaik untuk memanjakan rambut Anda di rumah adalah dengan masker. Meskipun ada banyak produk yang tersedia di pasaran, tetapi alangkah lebih baik jika Anda membuatnya sendiri. Dengan bahan dapur sederhana, Anda pun bisa membuat masker sendiri di rumah.

Keutamaan yang Anda dapatkan dari membuat sendiri adalah Anda tahu buatan Anda bebas bahan kimia, bahan aktif dan terbuat dari bahan alami untuk menyelamatkan rambut Anda.

Berikut ini merupakan 9 resep masker rambut untuk pemilik masalah rambut kering dan kusam.

1. Masker Henna

Rendam Henna yang dicampur dengan teh hitam semalaman. Di pagi hari, tambahkan dua telur kocok, empat sendok teh dadih, setengah jus lemon dan satu sendok makan kelapa atau minyak zaitun.

Oleskan ramuan masker ini minimal selama dua jam sebelum membilasnya dengan air dingin untuk mendapatkan hasil terbaik. Gunakan sampo berbahan ringan jika perlu.

2. Masker protein untuk rambut kering dan kusam

Campur satu kuning telur, satu sendok makan minyak jarak, satu sendok makan madu dan oleskan ke seluruh rambut Anda dari akar hingga ujung. Kenakan topi mandi plastik dan bungkus kepala Anda dengan handuk. Bilas hingga bersih setelah setengah jam dan terakhir bilas dengan cuka sari apel. Gunakan masker ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Masker pisang

Hancurkan dua buah pisang matang hingga halus. Tambahkan dua sendok makan mayones dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan pada rambut dan biarkan selama satu jam. Kemudian bilas dengan air hangat.

Pisang terkenal karena efeknya yang melembutkan pada rambut, sehingga masker ini cocok untuk wanita yang memiliki rambut kusam dan kasar.

4. Masker kentang

Kupas kulit satu kentang besar, kemudian parut isinya. Setelah itu remas-remas di dalam mangkuk. Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya. Aduk rata hingga campuran menjadi tekstur yang halus.

Oleskan pada kulit kepala sambil dipijat selama 15 menit, lalu biarkan masker selana dua jam sebelum dibilas. Makser ini membantu pertumbuhan rambut dan melawan rambut rontok.

 

2 dari 3 halaman

5. Masker krim kelapa.

Keluarkan semua daging kelapa hijau yang empuk. Taruh di piring dan hangatkan sedikit. Oleskan ke rambut dan pijat secara perlahan dari akar ke ujung.

Bungkus rambut Anda dengan handuk hangat dan biarkan selama satu jam. Cuci dengan sampo ringan dan biarkan rambut Anda mengering secara alami. Jika dilakukan secara teratur, masker ini membantu membuat rambut Anda berkilau.

6. Masker alpukat

Hancurkan daging alpukat dan tambahkan mayones dengan perbandingan 1:2. Karena teksturnya yang tebal dan berat, alpukat merupakan salah satu solusi alami terbaik untuk menghaluskan rambut kering dan kusam.

Oleskan masker tersebut ke seluruh rambut Anda. Kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin setelah tiga puluh menit.

7. Masker Methi anti ketombe

Rendam biji Methi dalam air semalaman. Giling menjadi pasta keesokan harinya dan pijat ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya. Anda juga bisa membilasnya sekalian setelah keramas.

8. Masker tepung beras hitam kaya protein

Rendam tiga sendok makan tepung beras hitam semalaman dan haluskan untuk dioleskan esoknya. Campur dengan satu telur kocok, satu sendok makan jus lemon, dan satu cangkir yoghurt. Oleskan ke rambut dan biarkan selama setengah jam sebelum dibilas dengan air dingin.

9. Masker Hibiscus (bunga kembang sepatu)

Ambil secangkir penuh kelopak Hibiscus merah dan rendam semalaman. Buat pasta dan tambahkan minyak zaitun ke dalamnya. Oleskan pada kulit kepala Anda dan bilas setelah satu jam untuk mendapatkan rambut berkilau.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: