Sukses

Begini Cara dan Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Liputan6.com, Jakarta Sebagaimana banyak beredar manfaat super yang bisa didapatkan dari vitamin C. Ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi terkait cara mengkonsumsinya dan beberapa hal lainnya. 

Berikut ulasannya, dilansir dari Times of India.

Berapa banyak Vitamin C yang harus Anda miliki setiap hari?

Pedoman gizi menunjukkan bahwa setiap orang dewasa bisa memiliki 65-90 miligram (mg) Vitamin C melalui berbagai sumber setiap hari. Terutama bagi orang-orang dengan kondisi medis tertentu serta wanita hamil atau menyusui, kebutuhan dosisnya bisa mencapai 120 mg per hari.

Bagaimana mendapat sumber vitamin C terbaik?

Sumber Vitamin C yang baik adalah paprika merah, jeruk, jeruk nipis, lemon, brokoli, dan bahkan stroberi. Sementara sebagian besar buah-buahan dan sayur-sayuran, meskipun merupakan sumber yang kaya vitamin C dan asam askorbat, namun seringkali dapat dihancurkan ketika Anda memasaknya. Oleh karena itu, suplementasi kadang-kadang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan harian.

Mengapa semua orang harus memilikinya?

Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin C dalam menu sehari-hari karena manfaatnya untuk kebugaran tubuh Anda.

Manfaat utama Vitamin C adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memiliki sifat memerangi kerusakan akibat radikal bebas, membuang racun dan meningkatkan fungsi sel tubuh. Fungsinya untuk memperkuat kekebalan Anda dan membantu melawan penyakit dan infeksi virus seperti pilek atau flu. Secara bersamaan membantu mempercepat pemulihan tubuh dari penyakit apapun.

Vitamin C memiliki banyak manfaat. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan nutrisi lain dalam tubuh, seperti B12, zat besi, folat, vitamin D dan E. Vitamin C juga baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan aliran darah ke otak serta meningkatkan produksi kolagen, yang memberi Anda penampilan muda.

 

2 dari 2 halaman

Waktu terbaik untuk mengonsumsi Vitamin C

Meskipun pemberian semua vitamin dan mineral penting untuk hidup sehat, tidak semuanya disintesis oleh tubuh kita dengan cara yang sama. Karena itu, seseorang harus memperhatikan tata cara mengonsumsinya.

Vitamin C merupakan nutrisi yang larut dalam air, yang paling baik diserap ketika perut kosong. Cara yang ideal adalah dengan mengonsumsi suplemen terlebih dahulu di pagi hari, 30-45 menit sebelum makan. Jika Anda berencana untuk mengonsumsi Vitamin C di siang hari, pastikan Anda memberikan jeda waktu setelah makan sehingga tubuh dapat menyerap dengan baik.

Adapun cara lain untuk memenuhi asupan vitamin C Anda yaitu dengan memiliki menu harian yang kaya vitamin C. Sehingga bisa Anda penuhi dengan mengonsumsinya seharian.

Bisakah Anda mengonsumsi banyak Vitamin C setiap hari?

Satu hal penting untuk diingat adalah terlalu banyak mengonsumsinya juga tidak akan membantu apapun. Vitamin C memiliki asam askorbat tinggi, yang bisa dikeluarkan dengan cepat oleh tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi dan tidak diserap oleh tubuh.

Mengkonsumsi Vitamin C tidak menimbulkan kerusakan atau efek samping berbahaya, tetapi perlu dicatat kalau mengatur dosis harian juga cukup penting. Jika minum suplemennya, cukup lakukan sehari sekali. Karena sebagaimana disebutkan sebelumnya, jika mengonsumsinya berlebihan, vitamin ini tidak diserap tubuh atau justru bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti diare.