Sukses

5 Bahan Alami Pembasmi Komedo

Liputan6.com, Jakarta Siapapun berpeluang memiliki komedo putih atau whitehead, salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap di dalam pori-pori, sehingga disebut juga dengan komedo tertutup.

Tidak seperti blackhead, whiteheads menyakitkan dan lebih sulit untuk dihilangkan. Tidak hanya membuat wajah tampak kotor, mereka juga akan terus bertambah jika tidak diurus tepat waktu. Namun whitehead tidak bisa diobati.

Selain disebabkan oleh hormon, penggunaan produk kecantikan yang terlalu berminyak atau memiliki kulit yang terlalu berminyak juga bisa menjadi penyebab timbulnya whitehead ini.

Anda mungkin sudah mencari berbagai produk hingga suplemen untuk mengatasinya, tapi Anda juga bisa menggunakan pengobatan rumahan yang alami dan lebih mudah dijangkau. Berikut 5 bahan yang bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar rumah Anda untuk mengatasi whitehead membandel, dilansir dari Times of India.

Lidah Buaya

Gel dari lidah buaya memiliki sifat mampu membersihkan kulit dari minyak berlebih. Jika mencampurnya dengan beberapa tetes lemon, gel lidah buaya dapat mengurangi whitehead. Takarannya yaitu satu sendok makan gel lidah buaya dicampur dengan satu sendok teh sari lemon. Lalu oleskan pada whitehead selama sekitar 5 hingga 6 menit dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air dingin. Lakukan ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

Madu

Madu sangat bagus untuk kulit sensitif Anda. Tidak hanya menghilangkan semua whiteheads, tetapi juga membuat kulit Anda lebih halus dan bersinar.

Caranya, hangatkan madu dan oleskan ke whitehead. Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah membilasnya dengan air hangat, kulit Anda akan nampak cerah dan berkilau.

 

2 dari 2 halaman

Scrub Oatmeal

Jika Anda memiliki jenis kulit yang sangat rentan terhadap whitehead, maka eksfoliasi kulit dengan scrub oatmeal merupakan pilihan bagus untuk Anda.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal dengan setengah sendok madu dan beberapa tetes sari lemon ke dalam mangkuk. Aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah dan gosokkan dengan lembut sekitar 5 menit. Diamkan beebrapa saat, baru bilas.

Pasta Kunyit

Kunyit memang dikenal bekerja sangat baik pada kulit. Terutamka bagi Anda yang rentan terhadap komedo, maka mengoleskan kunyit merupakan solusi terbaik.

Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyi dengan satu sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit, baru bilas hingga bersih. Sifat antibakteri yang dimiliki kunyit pasti akan menghilangkan semua komedo dari kulit Anda.

Soda kue atau sesuatu yang asam

Soda kue dapat menyeimbangkan pH kulit sekaligus menyembuhkan whitehead. Yang perlu Anda lakukan yaitu siapkan 3 sendok teh soda kue dengan air. campurkan keduanya hingga membentuk pasta.

Kemudian oleskan dengan lembut pada wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Kulit Anda akan terasa lembut dan sehat.