Sukses

Yuk, Ajari Anak Permainan Sederhana yang Dapat Dibuat di Rumah

Ingin tetap beraktivitas di rumah? Permain sederhana berikut dapat dibuat di rumah dan mengisi hari-hari

Liputan6.com, Jakarta Di masa pandemi seperti saat ini, kita banyak melakukan aktivitas di rumah, terutama dengan anak-anak. Cara untuk tetap menghibur dan beraktivitas diantaranya pesta acara di streaming layanan, bermain video game atau mengunduh ebook.

Tetapi kita bisa membuat permainan atau aktivitas yang berguna hanya dengan menggunakan printer, walalupun sederhana tapi sangat bermanfaat dan membuat hari karantina sibuk, melansir laman USAToday, Senin (20/4/2020):

1. Lembar Mewarnai 

Ada banyak web yang menawarkan jumlah halaman mewarnai yang tampaknya tak terbatas untuk dicetak, termasuk banyak yang terkait dengan liburan, karakter kartun,dan halaman mewarnai bagi orang dewasa untuk membuat ibu dan ayah sibuk.

Setelah dicetak, keluarkan krayon, pensil warna atau spidol. Letakkan pensil di atas kertas dan jaga tangan Anda, agar sibuk dengan buku mewarnai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Origami

 

Orang Jepang memperkenalkan Origami sebuah seni melipat kertas dan printer komputer  dapat digunakan untuk mencetak desain.

Dari derek kertas klasik dan bintang runcing hingga bunga dan binatang lucu, beberapa ribu situs web memungkinkan dapatmencetak bentuk origami secara gratis, banyak dengan petunjuk langkah-demi-langkah.

Setelah diunduh, Anda mungkin perlu gunting untuk memotong kertas terlebih dahulu dalam bentuk persegi, sebelum melipat pada garis putus-putus.

3. Puzzle

Cara paling sederhana untuk membuat puzzle  adalah dengan mencetak foto 8,5 x 11 dan cukup potong menjadi beberapa. Anda dapat memutuskan berapa banyak, dan bentuk serta ukurannya (mungkin berdasarkan tingkat keterampilan anak-anak).

Atau dengan mencetak teka-teki dengan mengunjungi salah satu dari banyak situs yang menawarkan template, mencetaknya, dan menggunakan gunting untuk memotongnya menjadi bentuk yang ditentukan. Kemudian, campur semua potongan di atas meja atau meja dan bekerja untuk menyelesaikan puzzle.

4. Magnet kulkas

Anda dapat membuatnya menggunakan lembaran kertas magnetik yang dapat dimasukkan melalui printer inkjet biasa. Kemudian, potong menjadi ukuran dan bentuk yang sesuai. Misalnya foto-foto keluarga, teman, hewan peliharaan atau tempat-tempat menyenangkan yang pernah Anda kunjungi.

Atau, cetak foto yang terkait dengan apa yang anak-anak sukai,  seperti "Paw Patrol," mobil mewah, penyanyi favorit, karakter film Marvel, dan sebagainya.

5. Buat Kegiatan bonus

Teka-teki kata, seperti Crosswords dan Seek and Find / Word Search, dan permainan angka (seperti Sudoku) adalah cara lain untuk membuat otak tetap tajam saat bersembunyi di rumah. 

Ada teka-teki Connect-the-Dots, game Spot-the-Difference dan labirin untuk dicetak untuk anak-anak.

 

Reporter : Tiara Sekarini

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini