Sukses

Apa Itu Mind Mapping dan Apa Manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Sebagian dari kamu mungkin pernah mendengar istilah mind mapping. Namun, apakah kamu tahu apa itu?

Mind mapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat ide atau gagasan yang kamu miliki dan pertama kali dipopulerkan oleh Tony Buzan yang merupakan seorang penulis dan bintang televisi dari Inggris.

Namun, apa manfaat dari mind mapping ini? Yuk, simak ulasan dari Swara Tunaiku berikut!

1. Meningkatkan Kemampuan untuk Mengingat Sesuatu Lebih Utuh dan Detail

Salah satu keuntungan dari menerapkan mind mapping ini adalah kamu bisa lebih mengingat sesuatu lebih utuh dan detail.

Kamu bisa lebih mudah menemukan gambaran utuh dari sebuah ide atau gagasan. Sebab, dengan ini itu artinya kamu mengumpulkan semua hal yang penting dalam satu buku untuk dijadikan sebuah peta konsep.

Dengan ini, kamu tak perlu lagi kelelahan dalam menghimpun semua informasi penting dalam buku. Kamu juga tak perlu lagi khawatir kehilangan atau lupa akan poin penting dalam buku yang sudah kamu baca.

Dengan ini, apa yang sudah kamu lakukan tentunya tak akan sia-sia. Sebab, kamu sudah mengumpulkan semuanya dalam satu genggaman.

2 dari 3 halaman

2. Meningkatkan Kemampuan Manajemen Informasi, Konsentrasi, Imajinasi dan Memori

Hal lain yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan mind mapping ini adalah bisa meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi, dan memori. Kebiasaan mencatat dengan sistem ini akan melatih otak kamu untuk menyusun informasi dengan baik.

Otakmu akan mahir dalam memilah dan mengelompokkan informasi. Selain itu, dengan satu pokok bahasan atau tema yang dibuat mindmap, otak akan terbantu untuk lebih berkonsentrasi sehingga baik untuk memori jangka panjang.

3. Menjadikan Kegiatan Belajar Jadi Lebih Menyenangkan dan Menghemat Waktu

Saat kamu sudah terbiasa mencatat materi dengan metode ini, maka kamu akan merasa lebih senang dalam belajar. Kamu bisa merasa belajar yang dilakukan lebih mirip dengan bermain saja. Menggunakan spidol dan mengombinasikan warna akan sangat baik dampaknya untuk perkembangan otak kanan.

Selain menjadikan diri lebih kreatif, dengan cara ini belajar akan jadi lebih menyenangkan karena kamu bebas mengekspresikan apa yang kamu pahami dalam sebuah gambar dan coretan. Kamu pun juga bisa lebih hemat waktu dalam belajar.

3 dari 3 halaman

4. Membuat Materi yang Sulit Jadi Lebih Mudah Dipahami dan Dikuasai

Keuntungan lain menggunakan metode yang satu ini adalah ia bisa jadi solusi yang ampuh bagi banyak orang untuk memahami materi yang rumit. Dengan ini, orang akan lebih mudah memahami dan menguasai suatu materi.

Bila kamu masih belum paham mengenai pengerjaan mind mapping ini, sebenarnya itu karena kamu belum tahu bagaimana gambaran besarnya.

Bisa juga dikatakan bahwa kamu masih buta terhadap konsepnya. Kamu pasti pernah sulit sekali memahami isi suatu materi, kan? Namun, ketika kamu telah menemukan kata kunci dan melihat gambaran besar rasanya semua bisa lebih mudah dipahami, kan? Nah, inilah yang jadi kelebihan mind mapping ini.

Kamu akan disajikan konsep dari hal yang akan kamu kuasai dan tentunya ini bisa mempermudah proses belajar kamu dan mengantarkanmu menuju gerbang yang sukses yang ingin dicapai.

Nah, itulah berbagai manfaat dari metode mind mapping ini. Dengan adanya metode ini, kamu bisa lebih mudah dalam mengolah informasi apa pun. Apalagi, ini juga bisa digunakan untuk segala jenis bidang kehidupan. Jadi, tak hanya terbatas pada satu hal saja, ya! Kamu bisa menyusun cita-cita ke depan, menyusun bisnis, dan lainnya dengan metode ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Agent of Change, Gadis 16 Tahun Ini Bolos Sekolah demi Climate Change
Artikel Selanjutnya
Jauh dari Kata Mahal, Prewedding Sukses Lewat Tips Cerdas Ini!