Sukses

8 Kesalahan Diet yang Umum Terjadi dan Harus Dihindari

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal terpenting yang harus kita perhatikan untuk awal tahun yang baru adalah kesehatan. Itu karena tanpa kesehatan yang baik, dan kesuksesan dalam karier, seseorang tidak dapat menikmati sepenuhnya.

Kesehatan yang baik hanya dapat dicapai dengan kombinasi diet seimbang, olah raga teratur dan mengelola stres.

Selain itu, menyerah pada kejahatan tertentu seperti merokok dan minum, menghindari polusi, sebisa mungkin, juga beberapa hal yang dapat meningkatkan kesehatan kita.

Jadi, berikut adalah beberapa kesalahan diet yang bisa kita lakukan secara teratur, yang bisa membahayakan kesehatan.

2 dari 3 halaman

Diet yang Keliru

1. Menghilangkan Makanan Tertentu

Hari-hari ini orang mengikuti diet mode tertentu yang mengharuskan mereka untuk menghilangkan kelompok makanan tertentu. Ini seperti produk susu atau karbohidrat sebagai program diet.

Ini dapat menyebabkan kekurangan gizi, karena semua nutrisi diperlukan untuk kesehatan yang baik, tetapi kuncinya adalah mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.

2. Menetapkan Tujuan Tidak Realistis

Misalnya, mereka menetapkan sasaran untuk kehilangan 10 kilogram dalam 15 hari dan membuat diri mereka kelaparan dan kecewa ketika mereka tidak mencapai berat sasaran itu.

Jadi, penting untuk menetapkan tujuan yang memungkinkan Anda mengelola berat badan dengan cara yang sehat.

3. Mengonsumsi Pil Diet

Banyak orang meminum pil diet yang menjanjikan penurunan berat badan super cepat. Namun, telah terbukti berkali-kali bahwa pil ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan dan juga dapat menyebabkan masalah kecanduan.

Jadi, penurunan berat badan harus selalu dilakukan dengan cara alami!

4. Tidak Mengenali Hasil

Ketika Anda telah mengikuti masa diet sehat, ditambah dengan olahraga, penting untuk mengetahui hasilnya. Dengan demikian akan memotivasi Anda untuk tetap dengan masa diet Anda,  

3 dari 3 halaman

Bijak Mengonsumsi Makanan

5. Memiliki Banyak Aturan Makanan

Diet adalah semua tentang aturan dan disiplin. Ketika datang kebiasaan makan, seperti tidak makan makanan berlemak, dan lainnya. Itu adalah hal bagus tetapi jangan sampai berlebihan.

Namun, jika Anda mulai memiliki terlalu banyak aturan makanan, maka mungkin merasa sulit untuk mempertahankannya dan ini bisa mengakibatkan dalam hasil yang kurang maksimal. Jadi, selalu lebih baik untuk tidak terlalu tergesa-gesa.

6. Menjadi Tidak Sabar

Sama seperti bagaimana Anda harus mengenali hasil dari usaha diet untuk membuat tetap termotivasi. Dengan cara yang sama, Anda juga harus cukup sabar untuk menunggu hasilnya, karena mungkin butuh beberapa saat untuk laju metabolisme. 

7. Menghindari Lemak Sepenuhnya

Banyak orang yang baru memulai diet, percaya bahwa menghindari semua jenis makanan berlemak dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Namun, lemak sehat yang ditemukan dalam makanan seperti kelapa, alpukat, dan lainnya, sangat diperlukan untuk kesehatan yang baik dan harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

8. Melewatkan Makanan

Melewatkan makan, terutama sarapan. Ini dilakukan karena Anda berpikir bahwa kebiasaan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dapat terbukti tidak produktif.

Kebiasaan ini juga berbahaya bagi kesehatan, karena dapat memperlambat metabolisme Anda dan menyebabkan kekurangan nutrisi.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
Saat Orang-Orang Berbadan Besar Rayakan Festival Anti-Diet di Inggris
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: 6 Mitos Seputar Vegetarian, Bagaimana Faktanya?