Sukses

7 Tips buat Orang Tua Mendisiplinkan Anak

Liputan6.com, Jakarta Sebagai orang tua, Anda harus tetap teguh dan konsisten saat mendisiplinkan anak. Sudah tidak diragukan, semua orang tua ingin anak-anaknya mematuhi aturan yang ditetapkan oleh mereka.

Tetapi, Anda sendiri juga perlu untuk mematuhi aturan. Jika tidak, anak Anda akan meremehkan aturan yang Anda buat.

Mendisiplinkan anak membantu mereka untuk menjadi pengambil keputusan yang baik, maka di sini ada beberapa tips untuk Anda, melansir dari Bold Sky:

2 dari 2 halaman

Tips Agar Anak Disiplin

beberapa tips agar anak Anda menjadi disiplin versi Bold Sky

1. Tetapkan Satu Set Peraturan untuk Anak Anda Patuhi

Yang perlu Anda lakukan adalah beberapa aturan yang mudah diikuti. Seperti Anda dapat meminta mereka untuk bangun pagi, air tanaman, menyelesaikan pekerjaan rumah mereka tepat waktu, mengatur rak buku mereka dan kembali ke rumah tepat waktu.

2. Jangan Buat Aturan yang Terlalu Ketat

Ada saat-saat ketika anak Anda mungkin tidak dapat mengikuti beberapa aturan yang ditetapkan oleh Anda. Dalam situasi seperti itu, daripada menampar atau memarahi anak Anda, Anda dapat lebih sedikit fleksibel.

Tapi itu harus hanya terjadi ketika niat mereka tidak dimaksudkan untuk melanggar aturan. Sebagai contoh, anak Anda terlambat pulang ke rumah karena mereka terjebak dalam kemacetan atau hal lain, Anda tidak perlu berteriak pada mereka. Sebaliknya, mintalah mereka memberi alasan yang benar dan tepat.

3. Mulai Peka Terhadap Kesalahan yang Dibuat Anak

Terkadang orang tua cenderung mengabaikan kesalahan anak mereka. Tapi Anda harus tahu bahwa hal ini dapat mendorong anak Anda untuk melanggar aturan dan melakukan kesalahannya lagi di kemudian hari.

Mereka akan merasa bahwa tidak apa-apa untuk tidak berada dalam disiplin dan melakukan apa pun yang tampak tepat bagi mereka. Ini bukan berarti Anda perlu menampar jika mereka melakukan sesuatu yang salah. Tetaplah tegas dengan cara yang benar!

 

4. Hindari Bersikap Terlalu Keras

Seringkali orang tua berpikir bahwa berteriak pada anak mereka akan membantu mereka dalam mendisiplinkan anak mereka. Namun, ini benar-benar hipotetis yang salah. Ada perbedaan antara bersikap ketat dan bersikap keras. Bedakan keduanya, terutama dalam memperlakukan Anak.

5. Berkomitmen Terhadap Aturan yang Anda Buat

Jangan pernah menganggap bahwa aturan hanya dimaksudkan untuk anak, karena anak belajar dari apa yang mereka lihat  dan yang Anda lakukan. Jika Anda selalu sibuk di ponsel Anda atau sering membentak, anak Anda akan meniru hal itu.

Jika Anda ingin anak Anda berperilaku baik, maka praktikkan kepada diri Anda terlebih dahulu, anak Anda perlahan akan meniru itu.

6. Jelaskan Mengapa Disiplin Itu Penting

Ada kemungkinan bahwa gagasan untuk menjadi disiplin mungkin tidak menarik bagi anak Anda dan mereka mungkin menganggapnya itu adalah sebuah hukuman. Tapi, itu adalah tugas Anda untuk membuat anak Anda paham berdisiplin dan mengikuti aturan.

7. Terus Jalin Komunikasi

Sambil melakukan semua hal untuk membuat anak Anda sopan dan disiplin, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan mereka secara teratur. Biarkan mereka tahu bahwa Anda berada di sana bagi mereka dalam setiap keadaan.. Bila tidak, anak Anda akan melihat Anda seperti seorang diktator.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips YLKI Agar Tidak Terjebak Investasi Bodong
Artikel Selanjutnya
7 Hal yang Tak Dilakukan Orang-Orang Bermental Kuat