Sukses

Jangan Hanya Dipakai Saja, Begini Cara Mudah Merawat Mobil Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta Selain digunakan, mobil juga perlu dirawat karena tanpa perawatan, mobil Anda pun bisa rusak. Terdengar simpel memang, namun jika tidak ada kesadaran dalam merawat mobil, pasti akan mengalami masalah pada mobil Anda ke depannya.

Oleh karena itu, merawat mobil sama perlunya dengan mengendarainya setiap hari. Biasanya ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka perawatan mobil. Mulai dari masalah eksterior, interior, keamanan, hingga bahan bakar dan kebesihan mobil juga penting.

Hal-hal kecil seperti cairan mobil dan debu yang ada di dalamnya juga perlu diperhatikan. Bila Anda berpengalaman dalam merawat mobil, tentu bisa merawat mobil dengan mudah.

Bagi yang masih baru memiliki mobil atau belum terlalu paham seluk beluknya, Anda perlu mengetahui apa saja dasar-dasar dalam merawat sebuah mobil. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Jadi, rawat mobil Anda dengan baik. Jangan hanya digunakan saja, begini cara mudah merawat mobil agar tetap bagus, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 4 halaman

1. Isi Mobil Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Sebagus apapun mobil itu, tentu harus didukung dengan bahan bakar terbaik. Kondisi mobil yang prima akan ditentukan oleh perawatan yang baik termasuk dalam urusan bahan bakar mobil Anda.

Anda harus memilih dengan cermat dan tepat bahan bakar mana yang sesuai dengan mobil Anda. Memilih bahan bakar erat kaitannya dengan jenis bahan bakar untuk mesin dan nilai oktan dari bahan bakar tersebut.

Pilihlah bahan bakar yang sesuai nilai oktan dengan tipe mesin dari pabrikan mobil tersebut. Anda sudah sering mendengar nilai oktan tapi belum tahu artinya?

Nilai Oktan merupakan angka yang menunjukkan besarnya tekanan ketika sebelum terbakar spontan pada mesin. Jika sebuah bahan bakar memiliki nilai oktan tinggi, maka BBM semakin lambat terbakar dan kinerja menjadi optimal. Manfaat lain oktan tinggi adalah tidak ada sisa atau residu bahan bakar yang menunjang kinerja mobil.

Dalam produk bensin dalam negri ada beberapa jenis bensin dengan nilai oktan berbeda. Sebut saja Premium (RON88), Pertalite (RON90), Pertamax (RON92), dan pertamax plus (RON95).

Semuanya itu harus Anda sesuaikan dengan mesin dan kondisi mobil Anda. Selain itu, Anda juga harus bisa hemat bahan bakar mobil agar merawat mobil menjadi lebih baik.

Bahan bakar juga bisa dihemat, dengan cara mematikan AC saat tidak perlu, mengurangi pemakaian rem berlebih, sesuaikan kecepatan, dan lainnya. Jika memilih bahan bakar dengan tepat dan hemat, tentu mobil Anda akan sehat dan awet digunakan.

2. Mengganti Oli Mobil Tepat Waktu

Pelumas mobil atau oli tentu perlu diganti secara rutin. Hal ini berkaitan langsung dengan mesin mobil yang bekerja saat dijalankan. Gantilah oli tepat waktu dan jangan malas karena kalau mesin rusak Anda harus keluar uang lebih untuk biaya servis mobil.

3 dari 4 halaman

3. Cek dan Ganti Cairan Mobil

Selain oli, cairan mobil seperti air radiator, minyak rem, cairan kopling, juga perlu diperiksa. Seelalu cek dan ganti cairan-cairan mobil tersebut secara rutin seperti pada oli.

Namun diingat kegiatan ini juga harus di tangan ahli bila Anda tidak paham caranya, misal membawanya ke bengkel. Jangan menunggu rusak sebelum melakukan pengecekan hal tersebut.

4. Cek Perangkat Lain dalam Mobil 

Perangkat lain seperti timing belt, busi, lampu, dan indikator sinyal adalah perangkat kecil namun penting fungsinya. Anda harus bisa mengecek apakah ada kerusakan atau tidak pada perangkat tersebut karena biasanya sudah ada tandanya.

Tak harus ditangani sendiri karena sudah banyak bengkel atau tempat service mobil. Oleh karena itu, cek dengan benar dan membawanya ke bengkel saat Anda ingin ganti oli atau servis rutin.

4 dari 4 halaman

5. Panaskan Mobil, Service Rutin, dan Selalu Cek Kelengkapan Lainnya

Kegiatan sederhana seperti memanaskan mobil sebelum pergi, service rutin, dan cek kelengkapan seperti ban adalah salah satu tips penting dalam merawat mobil.

Jadi bila Anda mau tekun dan disiplin merawat mobil itu perlu agar mobil awet dan Anda tidak perlu keluar banyak uang untuk servis karena kerusakan.

Rawat Mobil Anda dengan Baik

Jika sudah tahu apa saja tips merawat mobil, sudah seharusnya menyadari bahwa merawat mobil adalah sesuatu yang harus dan rajin dilakukan.

Oleh karena itu, rajinlah merawat mobil karena ini adalah bagian dari menjaga barang Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana pun juga mengendarai mobil yang terawat lebih menyenangkan karena mesin tetap prima dan tak ada gangguan yang menggangu perjalanan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-ruginya
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal Menabung, Ini Cara yang Benar Biar Lebih Untung