Sukses

Sering Bawa Ponsel Saat Rapat? Ciri Anda Bukan Orang Sukses

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang kini tampak tak bisa terlepas dari ponsel. Seakan telah menjadi kebutuhan utama, para pegawai bahkan seringkali membawa ponselnya saat rapat dengan atasan.

Tahukah Anda? Baru-baru ini, penelitian terkini dari Marshall School of Business Universty of Southern California membuktikan bahwa membawa dan mengakses ponsel saat rapat bisa berpengaruh negatif pada karier Anda.

Dikutip dari Forbes, Rabu (16/10/2019), para peneliti dari kampus tersebut menyatakan bahwa berbalas pesan dan mengakses internet melalui ponsel saat rapat, dapat membuat atasan atau rekan kerja merasa jengkel.

Lebih detail, pentelitian ini melibatkan 554 pekerja profesional yang memiliki pendapatan di atas USD 30 ribu per tahun. Dalam penelitian tersebut, para peserta diberikan pertanyaan tentang penggunaan ponsel dalam rapat formal dan informal.

Para partisipan mendapatkan pertanyaan seputar kebiasaan mengangkat telepon, membaca pesan pendek (SMS), atau mengakses internet saat sedang rapat.

Sebanyak 86 persen partisipan beranggapan, menerima telepon di tengah rapat merupakan tindakan yang tidak pantas. Sementara itu, sebanyak 84 persen pegawai mengaku tidak menyukai rekan-rekan kerja yang berbalas SMS atau berkirim e-mail saat rapat berlangsung.

Lantas mengapa membawa ponsel saat rapat menunjukkan bahwa Anda bukan orang sukses? Berikut beberapa karakter yang Anda tunjukkan saat mengakses ponsel di tengah rapat:

 

2 dari 5 halaman

1. Rendahnya rasa menghargai

Saat mengecek pesan atau email di telepon genggam Anda, artinya informasi tersebut jauh lebih penting dibandingkan diskusi yang tengah dilakukan bersama peserta rapat. Dengan kata lain, Anda menganggap orang-orang di luar rapat tersebut jauh lebih penting dibandingkan direksi yang duduk di hadapan Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Rendahnya perhatian Anda

Anda tak akan bisa fokus pada banyak hal dalam waktu bersamaan. Kemampuan melakukan berbagai pekerjaan di waktu yang sama hanyalah mitos belaka.

 

4 dari 5 halaman

3. Tak mampu menyimak dengan baik

Dengan mengotak-atik telepon saat sedang rapat, Anda tidak menunjukkan kemampuan menyimak Anda. Padahal mendengarkan secara aktif sangat diperlukan agar Anda dapat berpikir dengan tepat dan benar.

 

5 dari 5 halaman

4. Tak punya wibawa

Lebih memilih melihat telepon genggam yang berbunyi membuat Anda tampak tak memiliki wibawa dihadapan para peserta rapat yang lain.

Meski demikian, para pegawai yang berusia di bawah 40 tahun mengaku penggunaan ponsel saat rapat berlangsung merupakan hal yang wajar dan berterima. Namun, yang paling penting untuk berkomunikasi di tempat kerja adalah bersikap terbuka dan sopan pada orang lain.

Loading
Artikel Selanjutnya
Diet Gadget, Solusi agar Anak Tidak Kecanduan Gawai
Artikel Selanjutnya
9 Alasan Produk Komunikasi Ini Jadi Favorit Banyak Orang