Sukses

Calon Pengantin, Lakukan ini Sebelum Menikah

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan adalah sebuah momen yang berharga bagi setiap orang. Tentunya semua pasangan ingin acaranya berjalan lancar dan berkesan.

Terlebih, bagi semua keluarga pasangan. Namun, seringnya karena kegugupan atau perencanaan yang kurang matang, selalu ada saja kendala yang mengganggu acara pernikahan. 

Gangguan tersebut seringnya berasal dari kelalaian calon pengantin. Jadi, bagi Anda para calon pengantin, lakukan ini sebelum menikah, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lakukan Fitting Baju Pengantin

Fitting baju pengantin adalah hal yang penting dalam pernikahan. Apakah baju yang akan dikenakan itu dari menyewa atau membuat sendiri.

Untuk memastikan baju pas dan nyaman di badan, fitting baju tidak boleh dilupakan, terlebih fitting baju terakhir. Jadwalkan fitting baju sebelum hari H diperlukan untuk memastikan baju yang menjadi bagian kebutuhan pengantin tidak menjadi penggangu kelancaran pesta pernikahan.

Ajaklah pasangan untuk melihatnya agar semua sesuai keinginan berdua. Jangan lupa untuk terbuka kepada jasa pembuat jasa gaun Anda jika ada hal yang ingin ditambah atau dikurangi.

2 dari 3 halaman

2. Lakukan Test Mekap (Make-up)

Riasan atau mekap (make-up) adalah bagian yang utama. Terlebih bagi Anda yang ingin terlihat cantik pada hari spesial yaitu pernikahan.

Bayangkan jika keinginan itu kacau karena riasan yang terlalu tajam atau tatanan rambut yang tidak cocok dengan gaun yang kamu kenakan. Pastinya konsep pernikahan impian Anda akan sedikit terganggu.

Anda akan gelisah dan merasa sedih di hari pernikahan. Sebelum itu terjadi, Anda harus benar-benar melakukan persiapan yang matang. Meski make-up artist yang digunakan bertarif mahal sekalipun, tak ada salahnya untuk memastiakan riasan sesuai dengan konsep pernikahan yang Anda inginkan.

Ada baiknya untuk melakukan tes mekap dengan make-up artist dan hair stylist pilihan sebelum hari pernikahan dimulai. Hal ini demi semua persiapan sesuai dengan keinginan Anda dan pasangan.

3. Jangan Lupa Melakukan Gladi Resik

Acara pernikahan yang runtut dan berkesan pasti menjadi mimpi setiap pasangan, Anda pun juga pasti menginginkannya. Gladi resik untuk pernikahan juga perlu dilakukan atau wedding reheasel.

Pastikan bagain-bagian acara tersusun rapi agar acara memiliki alur yang baik sesuai keinginan. Pastikan semua orang yang memiliki tugas ikut serta dalam gladi resik pernikahan Anda.

Hal ini dilakukan agar semua orang yang terlibat saling memahami tugasnya. Seperti pembagian waktu yang mereka miliki, misalnya dalam sambutan, pesan, atau hiburan. Pembagian waktu yang tepat akan membuat pernikahan berjalan runtut dan sistematis.

3 dari 3 halaman

4. Pastikan Telah Melakukan Tes Makanan

Memilih katering untuk jasa penyedia makanan saat acara pernikahan tidak bisa sembarangan. Selain track record katering yang baik, Anda juga harus memastikan jika rasa makanan dan variasinya dapat menyesuikan dengan tamu yang akan datang di pernikahan.

Untuk itu, mencicipi makanan menjadi hal yang penting. Sesuikan dengan konsep dan tamu yang Anda undang, hidangkan varian makanan yang beragam mulai dari minuman, menu utama sampai pada makanan ringan yang akan disajikan.

Pastikan juga memiliki cita rasa yang enak akan membuat pernikahan berkesan baik bagi para tamu. Jangan lupakan untuk mencicipin sample semua makanan yang sudah terpilih terlebih dulu sebelum membayar jasa katering yang kamu sewa.

Atau pernikahan Anda akan kacau karena kusak-kusuk soal katering yang disajikan. Ingat, para tamu peka sekali tentang hal yang satu ini, lo!

5. Wajib Memeriksa Playlist Lagu 

Musik atau lagu dalam pernikahan biasanya sudah tidak menjadi beban pikiran untuk calon pengantin. Namun, bayangkan saja jika kamu mendadak mendengarkan lagu yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Semisal lagu sedih, lagu kenangan bersama mantan, atau justru lagu yang out of theme. Pastinya Anda akan kecewa dan menjadi galau berkepanjangan saat hari H. Bukannya suasana hati diliputi rasa bahagia, yang ada malah sedih dan ingin segera masuk kamar.

Jika sudah begini, maka pernikahan akan kacau dan menghilangkan kesan romantisnya. Dampaknya, Anda dan pasangan akan terlihat lelah dan kecewa.

Cek dan Ricek Hal Sepele yang Berdampak Besar

Hal yang terkesan sepele seperti yang sudah diungkapkan di atas, kalau luput dari perhatian salah satu saja, pasti akan membuat dampak kerugian yang besar. Kerugian bukan saja soal finansial, tapi juga kerugian non materiil, seperti suasana hati Anda dan pasangan, keluarga kedua belah pihak, pun tamu undangan.

Belum lagi sangsi sosial seperti malu dan merasa bersalah. Makanya, sedikit repot di awal pernikahan tak masalah demi menyajikan dan mempersembahkan yang terbaik untuk semua pihak, terlebih untuk Anda dan pasangan. Jadikan momen pernikahan sebagai momen berkesan sekali seumur hidup. Tak akan dilupakan.

Tak ada salahnya memberikan kejutan spesial untuk pasangan yang akan menambah semarak suasana di hari H. Seperti memutarkan lagu yang menjadi lagu romantis yang disukai pasangan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Siapa Bilang Milenial Sulit Punya Rumah? Coba Cara Ini
Artikel Selanjutnya
4 Jenis Investasi yang Kelihatan Hasilnya dalam Jangka Pendek