Sukses

Indofood Mencetak Rekor Dunia

Produk Indomie meraih The Largest Pack of Instant Noodles, sedangkan Supermie menyabet The Biggest Serving Noodles. Muri memberi penghargaan mencakup kategori volume penjualan terbesar dan rasa paling banyak.

Liputan6.com, Klungkung: Indomie dan Supermie, dua produk mi instan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. mencetak rekor baru Guinness World Records (GWR) serta Museum Rekor Indonesia (Muri). Indomie mendapat penghargaan sebagai The Largest Pack of Instant Noodles, sedangkan Supermie untuk The Biggest Serving Noodles. Sertifikat penghargaan dari Guinness World Records diserahkan perwakilan GWR Christian Marais kepada Direktur Indofood Taufik Wiraatmadja di Klungkung, Bali, Kamis pekan silam. Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Muri Jaya Suprana juga hadir menyerahkan sertifikat rekor.

Acara digelar di Bali sekaligus menutup puncak Festival Barong 2005. Animo masyarakat luar biasa. Maklumlah, mereka ingin menonton Indomie raksasa produksi Indofood. Mi terbesar plus kemasan itu berukuran panjang 3,4 meter, lebar 2,355 meter, dan tinggi 47 sentimeter. Beratnya mencapai 664,5 kilogram atau setara dengan 8.000 bungkus mi ukuran biasa. Mi dan kemasannya dibuat di Surabaya, Jawa Timur, bekerja sama dengan Badan Meteorologi dan Geofisika. Keamanan makanan dari segi fit for human consumption diawasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Christian mengatakan, Guinness Book of Records mensyaratkan setiap bagian dari produk harus persis dari ukuran aslinya. "Baik bahan-bahannya, metode produksinya, bumbu, saus, dan kemasannya," kata Christian. Mi instan tiruan ukuran besar produksi Indofood dinilai Christian sebagai bukti hasil yang luar biasa.

Di hari yang sama, Indofood juga mencetak rekor menyajikan mi merek Supermie terbanyak. Sedikitnya 30 ribu bungkus mi ukuran normal atau seberat 4,171 kg dimasak serentak oleh 350 juru masak. Mi lalu dihidangkan dalam mangkuk Supermie Superbowl berdiameter 2,6 meter dan tinggi 1,3 meter. Para juru masak membagikan mi goreng itu kepada masyarakat.

Menurut Taufik Wiraatmadja, diraihnya sertifikat The Largest Pack of Instant Noodles in the World mengukuhkan Indomie sebagai market leader. "Sekarang kita juga sudah melakukan penjualan ke beberapa negara di seluruh dunia. Jadi untuk itulah kita memperkuat brand equity daripada Indomie itu sendiri," kata Taufik. Sebelumnya, PT Indofood pernah menyabet sejumlah predikat, antara lain: The Best in Achieving Total Customer Satisfaction, The Most Valuable Brand, dan Indonesia Best Brand Award.

Dari Muri, PT Indofood berhasil meraih enam kategori selain pembuat mi instan terbesar dan pembuatan mangkuk terbesar. Kategori itu adalah penghargaan mi instan paling inovatif, pencapaian volume penjualan tertinggi yakni 28,4 persen dari total industri, volume penjualan terbesar yaitu 14,1 persen dari total industri, dan mi instan dengan pilihan paling bervariasi sebanyak 62 rasa.

Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM RI Profesor Doktor Dedi Fardiaz mengakui memantau langsung proses pembuatan mi instan raksasa produksi Indofood. BPOM lalu mengambil contoh dari blok mi yang besar kemudian dianalisa di laboratorium. "Hasilnya kami meyakini diproses secara sehat," kata Dedi.(KEN/Tim Usaha Anda)

PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk.
Gedung Ariobimo Sentral 10th floor
Jl. H.R Rasuna Said X-2 Kavling 5 Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Telepon: (021) 522-8822
Faksmile:(021) 2525-944

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.