Sukses

Keberpihakan Jokowi pada Generasi Muda Dapat Lahirkan Bibit Pemimpin Kompeten

Komitmen Jokowi memacu peningkatan SDM bangsa salah satunya diwujudkan dengan menempatkan anak muda pada posisi-posisi penting di pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai memiliki keberpihakan pada generasi muda Indonesia melalui berbagai kebijakannya. Langkah Jokowi tersebut diyakini akan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin berkompeten di masa depan.

Anggota DPR RI Luqman Hakim memuji keberpihakan Jokowi pada generasi muda di Tanah Air. Menurutnya, Jokowi telah banyak merealisasikan beragam program untuk memacu peningkatan sumber daya manusia (SDM) anak muda.

Wujud komitmen Jokowi juga ditunjukkan melalui ruang-ruang di pemerintahan yang disediakan khusus kepada generasi muda. Bagi Luqman, langkah Jokowi ini sangat patut untuk diapresiasi.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi dengan merekrut dan menempatkan banyak pemuda di dalam pos strategis pemerintahan dan kenegaraan. Harapannya ke depan dapat diikuti oleh pemimpin-pemimpin selanjutnya,” ujar Luqman, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).

Luqman melihat, di era Jokowi figur-figur muda mendapat kepercayaan untuk mengisi posisi-posisi strategis di pemerintahan, seperti di kementerian, serta pada lembaga-lembaga pemerintahan lainnya.

“Pak Jokowi memberikan tempat yang strategis kepada banyak anak-anak muda di dalam posisi penting pemerintahan. Di kabinet, di BUMN, dan di tempat-tempat yang lain,” terangnya.

Selain penempatan di posisi-posisi strategis pemerintahan, Presiden Jokowi juga terus melahirkan program-program untuk mewujudkan peningkatan SDM. Beberapa di antaranya adalah program Kampus Merdeka, Literasi Digital, serta beasiswa pendidikan hingga perguruan tinggi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Optimisme Menuju Indonesia Emas 2045

Sebelumnya, Besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) Heri Yanto mengapresiasi kepedulian pemerintah pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) anak muda Indonesia. Menurut dia, sejumlah kebijakan yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendongkrak kualitas generasi bangsa.

Heri menilai, langkah Jokowi membekali anak muda Indonesia dengan SDM yang mumpuni adalah keputusan yang sangat tepat. Sebab menurutnya, ke depan para generasi muda akan dihadapkan dengan persaingan global yang lebih luas.

“Saat sekarang memang tantangan tidak kecil. Tantangan itu besar sekali apalagi persaingan global semakin meningkat. Tetapi dengan kebijakan dari pemerintahan Jokowi yang saat ini meningkatkan inovasi khususnya untuk industri digital, itu sudah on the right track,” ujar Heri dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11/2022).

Lebih lanjut, Dekan Fakutas Ekonomi Unnes ini menilai, pemerintahan Jokowi begitu memperhatikan aspek ekonomi masyarakat, terutama kalangan bawah. Karena itu, ia optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus meningkat.

“Saya juga optimis kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus positif di tahun-tahun yang akan datang,” tutur Heri.

Melalui pembentukan SDM bangsa yang unggul dan berkompeten serta ekonomi masyarakat yang sejahtera, Heri yakin Indonesia ke depan akan menjadi negara yang maju. Apalagi negeri ini memiliki cita-cita besar mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Saya sangat mengapresiasi dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan saya yakin visi di tahun 2045 Indonesia menjadi negara yang lebih makmur. Itu saya sangat optimis,” katanya memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.