Sukses

[VIDEO] Banjir, Kendaraan ke Pantura Mengular di Semarang-Subang

Jalur pantura Semarang-Demak, Jawa Tengah, terendam banjir setinggi 1 meter. Antrean kendaraan berjalan tersendat hingga puluhan kilometer.

Hujan deras yang mengguyur Semarang, Jawa Tengah, beberapa hari terakhir, mengakibatkan meluapnya Sungai Kaligawe. Jalan Raya Semarang-Demak pun terendam hingga 1 meter, sehingga terjadi kemacetan panjang puluhan kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (21/1/2014), beberapa ruas jalan yang terhubung dengan jalur pantai utara Pulau Jawa atau Pantura, seperti Jalan Imam Bonjol, Jalan Kaligawe Raya, dan Jalan Raden Patah, juga terendam luapan sungai.

Arus lalu lintas dari arah Semarang, maupun dari arah Surabaya, Jawa Timur, tersendat. Jalur Pantura Semarang memang menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Meski sudah ditinggikan, tetap saja jalur ini terendam banjir.

Sementara di Subang, Jawa Barat, pagi tadi, antrean panjang kendaraan terjebak di ruas Pantura. Kemacetan akibat genangan air di ruas Pantura Ciasem dan Pamanukan, karena intensitas hujan masih tinggi.

Genangan air di ruas Pantura tak bisa surut dengan cepat. Seorang pengemudi bahkan terjebak di ruas Pantura hingga 3 hari. Akibatnya, waktu perjalanan molor dan biaya membengkak.

Petugas pun mengalihkan arus lalu lintas di Gerbang Jalan Tol Cikampek, maupun di kilometer 66 ruas Tol Jakarta-Cikampek. Kendaraan dari arah Jakarta dialihkan melalui jalur tengah via Sadang, maupun jalur selatan. Kendaraan dari arah Cirebon dialihkan menghindari ruas Pantura. Kepadatan arus terjadi di sekitar Gerbang Tol Sadang.

Pengalihan arus lalu lintas ini akan terus berlangsung hingga kondisi ruas Pantura benar-benar surut. (Ans/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Banjir di Subang, Pantura Bak Hamparan Sungai
Jalur Pantura Banjir, Lalin Arah Subang Padat
Banjir, Jalur Pantura Macet 2 Hari 2 Malam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.