Sukses

Sofyan Djalil Akui Beberapa BUMN Simpan Uang di Bank Century

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Sofyan Djalil mengakui ada beberapa BUMN yang menyimpan uang di Bank Century. Uang itu dalam bentuk deposito dengan nilai ratusan miliar rupiah.

"Iya ada 4 atau 5 BUMN yang menyimpan di Bank Century," kata Sofyan sebelum masuk ke gedung KPK untuk bersaksi dalam kasus Century, Jumat (17/1/2014). Sofyan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus Bank Century Budi Mulya.

Sofyan menjelaskan, deposito yang ada di Bank Century nilainya tidak sampai triliunan. Deposito yang ada di Bank Century sekitar Rp 400-500 miliar setiap BUMN. Diduga, adanya BUMN yang menaruh uangnya di Century, membuat bank tersebut terselamatkan. "Mungkin karena itu, mereka aman lah," lanjutnya.

Dia mengaku tidak mengetahui ada instruksi khusus dari presiden agar BUMN menyimpan uang di Bank Century. Meski, kala itu dirinya juga menjabat sebagai Menteri Kuangan Interm. "Nggak tahu kalau itu. Tanya yang naruh lah," tandasnya.

Saat bailout Bank Century diputuskan, Sofyan mengatakan dia menjabat sebagai pengganti Menteri Keuangan. Karena itu, dia dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Budi Mulya.

"Waktu itu saya kebetulan Menteri Keuangan interm (pengganti Menteri Keuangan) di waktu Bank Century salah clearing itu aja. Mungkin dalam konteks itu saya dipanggil. Tapi, nanti kita ngobrol," tandas Sofyan. (Mvi/Mut)

Baca juga:
BPK: Kerugian Negara di Kasus Century Rp 7,4 T, Bukan Rp 6,7 T
11 Jam Diperiksa, Miranda Goeltom Sebut FPJP Century Tidak Salah
Kasus Century, Mantan Menteri BUMN Sofyan Djalil Diperiksa KPK


Loading