Sukses

KPK Telusuri Transaksi Mencurigakan di Rekening Ratu Atut

KPK saat ini sedang fokus mendalami sejumlah dugaan pencucian uang dan transaksi mencurigakan yang dilakukan Ratu Atut.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi telah resmi ditetapkan sebagai tersangka pada kasus dugaan suap sengketa Pilkada Lebak di Mahkamah Konstitusi sejak 17 Desember 2013.

Ternyata tak hanya itu. Sejumlah kasus yang sedang diselidiki KPK kini juga mengarah kepada Ratu Atut. Salah satunya adalah kasus dugaan korupsi alat kesehatan di lingkungan kerja Provinsi Banten tahun anggaran 2010-2012.

Untuk mendapatkan data dan alat bukti yang dapat menjerat politisi Partai Golkar tersebut, KPK kini sedang fokus mendalami sejumlah dugaan transaksi mencurigakan yang dilakukan Ratu Atut.

"KPK bisa minta pada bank untuk membuka rahasia transaski Ratu Atut. Apakah (hasil penelusuran) sudah sampai ke meja pimpinan? Saya belum lihat," ujar Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di kantornya, Jakarta, Jumat (27/12/2013).

Namun, mengenai potensi penerapan pasal pencucian uang yang akan dikenakan KPK kepada Ratu Atut, Bambang belum mau berkomentar. Menurutnya, hal tersebut masih memerlukan bukti-bukti yang kuat.

"Belum dapat disimpulkan. Harus diuji dengan bukti lain. Kalau ada, bisa diterapkan," tandas Bambang. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini