Sukses

Ke Mana Jokowi Saat Malam 1 Suro?

Jokowi juga melihat perayaan malam 1 Suro di Jakarta tidak seramai di Solo.

Jokowi mengaku tidak mempunyai ritual khusus untuk menyambut malam 1 Suro atau Tahun Baru Islam 1 Muharram. Gubernur DKI Jakarta itu mengaku melewatkan malam 1 Suro kali ini dengan acara biasa.

"Tidak ada, malam 1 Suro yang biasa saja," ujar pria bernama lengkap Joko Widodo itu di rumah dinasnya, Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/10/2013).

Jokowi juga melihat perayaan malam 1 Suro di Jakarta tidak seramai di Solo, Jawa Tengah. Di kampung halamannya tersebut, malam 1 Suro dirayakan dengan cukup meriah.

"Kalau di Solo itu ada kirab, sama juga seperti di sini, ada juga pawai obornya," ucap politisi PDIP itu.

Lantas, ke mana Jokowi saat malam 1 Suro kemarin? Ternyata Jokowi memilih menonton pertunjukan wayang yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, dalam rangka penganugerahan Piagam Penghargaan dan tanda kehormatan Wredatama Nugraha Utama.

Selain menonton wayang, dalam acara tersebut Jokowi juga menerima penghargaan sebagai kepala daerah peduli lansia dari Persatuan Wredatama Nugraha Republik Indonesia.

"Ya saya 1 Suro-nya tadi malam di Kemayoran," ujar Jokowi sambil tersenyum.

Sementara di tanah kelahiran Jokowi, Solo, ribuan warga memadati Keraton Mangkunegaran untuk menyaksikan kirab pusaka yang digelar untuk menyambut malam 1 Suro atau 1 Muharam. Sejumlah benda pusaka, seperti tombak dan baju Sri Paduka Mangkunegara I dimandikan dengan air kembang. Benda-benda itu kemudian diarak mengelilingi kompleks Pura Mangkunegaran sebanyak 7 kali. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.