Sukses

[VIDEO] Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Naik 40 Persen

Namun itu tak menyurutkan para pembeli memesan hewan qurban.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, pedagang hewan qurban mulai bermunculan di Jakarta dan sekitarnya. Kendati harganya naik di banding tahun lalu, namun itu tak menyurutkan para pembeli memesan hewan qurban.

Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (27/9/2013) memberitakan, kenaikan itu terjadi di pusat penjualan sapi kurban di Kelapa Dua, Cimanggis, Depok. Kenaikan harga sapi kurban rata-rata mencapai 40 persen.

Masyarakat pun mengaku berat dengan kenaikan harga ini. Meski begitu, warga tetap membelinya karena untuk beribadah.

Menurut penjual hewan kurban, 1 kilogram daging sapi naik menjadi Rp 15 ribu hingga Rp 18 ribu dari harga tahun lalu. Kenaikan harga hewan kurban ini dipengaruhi dari tingginya harga sapi saat Idul Fitri lalu.

Sementara harga sapi di Bima, Nusa Tenggara Barat, naik antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Kenaikan harga sapi ini disebabkan banyaknya permintaan sapi menjelang Idul Adha.

Permintaan sapi dari wilayah Bima tak hanya datang dari wilayah sekitar  melainkan juga dikirim ke Surabaya melalui laut dari Pelabuhan Tanjung Bima.

Di Wonogiri, Jawa Tengah, pengiriman sapi ke luar daerah mengalami peningkatan di banding hari-hari biasanya. Sapi di Wonogiri menjadi pilihan para pedagang dari luar daerah lantaran harganya lebih murah dan kondisi sapi yang sehat.

Tak hanya transaksi di pasar hewan, peningkatan lalu lintas pengiriman sapi ke luar daerah di Pasar Hewan Wuryantoro telah terasa sejak sepekan lalu menjelang Hari Raya kurban atau Idul Adha. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini