Sukses

Gita Wirjawan Terpilih Jadi Ketua Umum Barindo

Gita menilai Barindo selama ini dikenal sebagai organisasi independen yang lebih mengedepankan kepentingan umum dan bukan golongan tertentu.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan resmi terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Barisan Indonesia periode 2008-2013. Gita dipilih dalam Munas ke-2 Barindo yang digelar 23-24 Agustus 2013 di Surabaya.

"Terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada saya. Ke depan, saya ingin bersinergi dan meminta masukan dari pengurus terdahulu dan rekan-rekan semuanya," ujar Gita Wirjawan yang ditemui usai Munas Barindo di Hotel Meritus Surabaya, Sabtu (24/8/2013).

Menurut dia, Barindo selama ini dikenal sebagai organisasi independen yang lebih mengedepankan kepentingan umum dan bukan golongan tertentu. Bahkan, ke depan pihaknya ingin Barindo membangun dan memiliki sebuah rumah sakit, sekolah, klinik, wadah pertanian dan lainnya demi kepentingan masyarakat.

"Saya masih bermimpi Barindo membangun rumah sakit, sekolah, klinik dan lain-lain. Tapi, bukan tidak mungkin mimpin itu menjadi nyata. Ini yang harus dipikirkan bersama," kata pengusaha kelahiran Jakarta tersebut.

Ia menyatakan mengaku optimistis Barindo akan mampu berperan dalam perjalanan politik ke depan. Selain itu, kata dia, pihaknya yakin Barindo akan menjadi bagian besar dari kesuksesan bangsa Indonesia.

Sementara itu, mantan Ketua Umum Barindo Muhayat mengatakan meski sudah tidak lagi menjabat, namun ia bangga karena posisinya digantikan oleh seorang menteri yang dikenal jujur, bersih dan peduli. "Hal ini berarti sesuai dengan keinginan bersama, bahwa seorang ketua umum Barindo harus lebih baik dan berkualitas," kata dia.

Menurut dia, selain dikenal berkualitas, Gita Wirjawan dinilainya telah memberikan inspirasi bahwa seorang pemimpin secara pribadi tanpa didukung sistem bagus maka organisasi tidak akan berjalan dengan baik.

"Nah, Gita Wirjawan inilah orangnya. Secara pribadi sangat mampu dan didukung sistem yang bagus untuk membawa Barindo lebih maju. Kami yakin organisasi ini menjadi lebih baik di bawah kendalinya," katanya.

Muhayat juga mengungkapkan, sebagai ormas independen, Barindo tentu dipertimbangkan oleh ormas dan organisasi politik tingkat nasional, apalagi menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014.

"Karena itulah, kami berharap di daerah bisa membangun citra dan eksistensi sebagai ormas terbuka dan independen. Kepada anggota di daerah, saya juga berpesan untuk mendukung dan mempercayakan Barindo di tangan seorang Gita Wirjawan," kata dia. (Ant/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini