Sukses

Jadi Jurkam Cabup Belitung, Jokowi Bakal ke Kampung Ahok

Kehadiran Jokowi dipercaya dapat mendulang banyak suara masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi sukses menghadirkan 'Jokowi effect'. Kehadirannya dipercaya dapat mendulang banyak suara masyarakat. Karena itulah banyak peserta pilkada di sejumlah daerah yang berasal dari PDIP meminta pria kurus itu menjadi juru kampanye.

Setelah menjadi jurkam Pilkada Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Bali, kini Jokowi diminta untuk menjadi jurkam calon bupati-calon wakil bupati Belitung Tellie Gozelie-Taufik Rizani. Di antara rentang waktu 22 September-5 Oktober 2013 nanti, dia bakal bertandang ke kampung Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok itu.

"Pasti akan mengundang Pak Jokowi dalam kampanye nanti. Memang beliau sempat mengatakan akan hadir di Belitung, asal waktunya pas, yaitu Sabtu atau Minggu," kata Tellie kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

"Sehingga tidak mengganggu waktu dan kegiatan dinas beliau sebagai Gubernur DKI. Hal ini dikatakan oleh beliau saat bincang-bincang kami di sela sela kegiatan beliau bersama Bupati Ngawi Pak Rudi beberapa waktu lalu," imbuh anggota Komite I DPD itu.

Tellie berharap, kehadiran Jokowi ke Belitung akan membantu mengantarkan dirinya menjadi Bupati Belitung. Dia percaya hadirnya mantan Walikota Solo itu di tengah warga Belitung akan mempengaruhi perolehan suara nantinya.

"Fenomena itu memang marak menjadi perbincangan, kita melihat bagaimana Jokowi effect mempengaruhi peroleh suara kandidat yang mendapat dukungan Jokowi. Tidak terkecuali Belitung, kami melihat juga ada potensi itu. Tapi semua kembali ke masyarakat. Rakyatlah yang kemudian akan menentukan. Merekalah pemilik suara sesungguhnya," pungkas Tellie.

Sebanyak 6 pasangan cabup-cawabup Belitung akan bertarung agar bisa memimpin kota 'Laskar Pelangi' itu selama periode 2013-2018. 6 Pasangan itu berturut-turut berdasarkan nomor urut pendaftarannya, yakni Andi Saparuddin Lanna-Junaidi M Tamin (Laju) yang diusung 9 parpol (Partai Barnas, PNI Marhaen, PPRN, PDK, PKBIB, PNBKI, PPDI, PBR dan Partai Buruh). Selain itu Sahani Saleh-Erwandi A Rani (Besaer) yang diusung 2 parpol parlemen, Partai Golkar dan Partai Hanura.

Kemudian ada Tellie Gozelie-Taufik Rizani (Pastti) yang diusung 2 parpol (PDIP dan PKB), Abdullah Ma’ruf-Yusli Ihza yang diusung oleh 2 parpol (PBB dan PPP), Wiryati Husein-Suharyanto (pasangan KB) yang diusung 3 parpol (PAN, Partai Demokrat, PKPI, dan Partai Barnas versi Ramli Matsum), serta Junaidi Haminte-Harsono Katis yang diusung 3 parpol (Partai Gerindra, PKS, dan PDP). Keenamnya akan berlaga dalam Pibup Belitung pada 9 Oktober 2013 mendatang. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini