Sukses

Dorong Pengelolaan Hutan Lestari di Indonesia, Perusahaan GRP Dukung Yayasan Konservasi Alam Nusantara

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) lakukan gelar wicara dalam sesi Thought Leadership Forum (TLF) bersama perwakilan dari KLHK, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia serta beberapa pemangku kepentingan terkait lainnya pada hari ini, Kamis (2/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mengadakan kegiatan gelar wicara dalam sesi Thought Leadership Forum (TLF) bersama dengan perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia serta beberapa pemangku kepentingan terkait lainnya pada hari ini, Kamis (2/11/2023).

Kegiatan tersebut diharapkan akan menjadi ajang penting dalam upaya menjaga keberlanjutan hutan Indonesia dan mencapai target FOLU Net Sink 2030 dengan melibatkan beberapa perusahaan yang peduli terhadap masalah lingkungan, salah satunya adalah PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP).

Menurut GM Corporate Planning and Sustainability GRP Sheren Omega, kontribusi dilakukan karena GRP melihat adanya keselarasan visi dengan YKAN, yang mendedikasikan untuk mempromosikan praktik-praktik pengelolaan hutan berkelanjutan.

"Ini adalah salah satu aspek yang sejalan dengan tujuan perusahaan, yang tidak hanya mencakup pertumbuhan bisnis yang sehat, tetapi juga tanggung jawab sosial dan lingkungan yang kuat," ujar Sheren melalui keterangan tertulis, Kamis (2/11/2023).

"Salah satu pilar inti ESG (Environment, Social, and Governance) yang dipegang teguh oleh GRP adalah 'Berkontribusi pada Pengelolaan Lingkungan yang Bertanggung Jawab.' Melalui dukungan kami terhadap kegiatan gelar wicara ini, kami berkomitmen untuk berpartisipasi dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan alam dan mendukung langkah-langkah aktif dalam pengelolaan hutan yang bertanggung jawab," jelas dia.

Kemudian, Direktur Program Terestrial YKAN Ruslandi mengatakan, pihaknya berupaya untuk mendorong penerapan PHPL dengan mengembangkan peranti yang mendukung praktik rendah emisi, salah satunya lewat pengenalan metodologi Reduced Impact Logging-for Climate Change Mitigation (RIL-C) yang berpotensi mengurangi emisi karbon dari kegiatan pemanenan kayu hingga 40 persen.

"Kini, perusahaan pemegang Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) juga didampingi melalui pemberian dukungan teknis. Salah satunya juga pendampingan akan intensif dilakukan kepada PT Wana Bakti Persada Utama (WBPU) dalam mengelola 44.402 hektare wilayah konsesi PBPH di Kalimantan Timur," ucap Ruslandi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Jaga Indonesia

Ruslandi menambahkan, YKAN sebagai organisasi nirlaba berbasis ilmiah memang berkomitmen melindungi wilayah daratan dan perairan di Indonesia. Melalui pendekatan non konfrontatif dan mengedepankan kemitraan.

"YKAN mendukung pengelolaan hutan termasuk wilayah hutan produksi secara berkelanjutan sebagai bentuk dukungan pada pencapaian target FOLU Net Sink 2030," jelas dia.

Sebelumnya, pada 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah mencanangkan kebijakan Multiusaha Kehutanan (MUK) sebagai langkah krusial untuk mendorong pengelolaan hutan yang lestari.

MUK menjadi skema yang mendukung peningkatan nilai ekonomi hutan, terutama nilai jasa lingkungan, dan memberi kesempatan lebih besar bagi perusahaan dan masyarakat untuk bekerja sama guna mendorong pengelolaan hutan secara lestari.

Dengan menerapkan model bisnis berkelanjutan, pemegang PBPH berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, melindungi area bernilai konservasi tinggi dan keanekaragaman hayati, serta memberikan manfaat ekonomi untuk perusahaan dan masyarakat di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.