Sukses

[VIDEO] Stasiun Pasar Senen Dipadati Pemudik, Tanjung Priok Sepi

Arus mudik Lebaran mulai terasa di Stasiun Pasar Senen, sementara di Pelabuhan Tanjung Priok masih sepi. Puncak arus mudik Kamis lusa.

Arus mudik Lebaran mulai terasa. Di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, penumpang yang hendak mudik terlihat memenuhi pelataran stasiun, Selasa (30/7/2013). Jika di hari biasa penumpang hanya sekitar 10 ribu orang, pada H-10 Lebaran ini penumpang mencapai 12 hingga 13 ribu orang.

Kondisi di Stasiun Pasar Senen kini memang sudah lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada lagi penumpang yang berdesakan di kereta atau menginap di stasiun untuk mengantre tiket.

Sementara di Stasiun Gambir, Jakpus, suasana mudik belum terlihat. Diperkirakan pemudik akan mulai memadati Stasiun Gambir mulai Kamis mendatang, karena tiket kereta pada H-7 dan H+7 Lebaran untuk tujuan ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur sudah ludes terjual.

Beberapa fasilitas juga sudah disiapkan untuk melayani calon penumpang, seperti posko kesehatan, pusat informasi, hingga ruangan khusus untuk ibu dan anak.

Demikian pula arus mudik dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang masih terlihat sepi. Hari ini hanya ada sekitar 800 pemudik yang diberangkatkan dengan tujuan Makassar (Sulawesi Selatan), Pontianak (Kalimantan Barat), dan Bangka Belitung.

Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok diperkirakan akan terjadi pada H-7 hingga H-5 mendatang. PT Pelni menyiapkan sebanyak 28 kapal untuk mengangkut pemudik ke berbagai tujuan. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.