Sukses

Tersangka Utama Penyerangan Desa Beteleme Diburu

Liputan6.com, Jakarta: Tersangka pelaku utama penyerangan Desa Beteleme, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kini dicari aparat keamanan. Untuk memburu pelaku berinisial MD, tim pencari mengerahkan satu satuan setingkat (SSK) Kompi Perintis Kepolisian Daerah Sulteng Unit Reserse Kriminal Gabungan Polda Sulteng, Kepolisian Resor Poso, Markas Besar Polri, dan satu SSK Brigade Mobil Sulawesi Selatan. Arah pelarian MD sudah diketahui.

Keterangan 13 tersangka yang diperiksa di Kepolsian Sektor Lembong menyebutkan, MD berperan besar merencanakan penyerangan Desa Beteleme. Mereka juga mendapat senjata dan amunisi dari MD. Para tersangka mendapat persediaan makanan saat dalam perjalanan antara Poso ke Beteleme dari dua orang kurir yang mengendarai sepeda motor.

Kapolda Sulteng Brigadir Jenderal Polisi Taufik Rida mengatakan, pemeriksaan dipusatkan pada penyerangan di Beteleme. Selanjutnya akan diselediki kemungkinan keterlibatan para tersangka dalam kasus-kasus lain di Poso. Menurut Taufik Rida, para tersangka termasuk daftar pencarian orang Polda Sulsel.

Kemarin malam, tim pencari menemukan satu jenazah tersangka anggota gerombolan bersenjata. Tersangka Aswan diperkirakan tewas tertembak saat kontak senjata antara aparat keamanan dan kelompok penyerang, tiga hari silam [baca: Lagi, Seorang Perusuh Poso Ditemukan Tewas].(COK/Novi Handaru dan Muhammad Takbir)