Sukses

[VIDEO] Jelang Mudik, Jalur Cikampek-Karawang Diperbaiki

Sejumlah titik di Jalur Cikampek-Karawang masih ada jalan yang rusak dan berpotensi mengganggu arus lalu lintas.

Perbaikan jalur mudik terus dikebut menjelang Hari Raya Lebaran. Uji kelaikan bus pun digelar demi keselamatan mudik lebaran.

Lebaran memang masih beberapa pekan namun persiapan yang matang diperlukan agar jutaan manusia bisa mudik dengan tenang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (21/7/2013), pada sejumlah titik di Jalur Cikampek-Karawang masih ada jalan yang rusak dan berpotensi mengganggu arus lalu lintas.

Jalan yang rusak dan bergelombang memaksa pengendara mengurangi kecepatan. Hal ini memicu arus lalu lintas macet saat mudik yang amat padat itu. Padahal ini merupakan jalur alternatif utama yang akan dipilih pemudik saat Jalur Tol Cikampek atau Simpang Jomin padat.

Warga pun mengeluhkan lambatnya penanganan kerusakan jalan pada Jalur Cikampek-Karawang ini.

Sementara di Jalan Raya Solo-Semarang, perbaikan sudah di tahap pengaspalan permukaan jalan. Pelebaran jalan raya ini dilakukan pada sisi kiri mulai dari Penggung-Boyolali Kota hingga wilayah Ampel-Boyolali. Pelebaran mencapai 2 meter dengan panjang 2,5 km.

Proyek ini ditargetkan sudah rampung pada H-14 lebaran. Sehingga saat arus mudik, kondisi jalan raya Solo-Semarang sudah siap untuk dilalui.

Selain jalan, persiapan juga dilakukan dalam bentuk uji kelayakan armada bus. Hal itu terlihat di kantor Dinas Perhubungan Grobogan, Jawa Tengah. Berbagai perlengkapan diperiksa, termasuk surat kendaraan, jumlah tempat duduk dan berbagai fungsi kendaraan.

Kendaraan yang tidak lulus uji tidak diizinkan beroperasi. Hal ini bertujuan agar arus mudik dan balik tahun ini berjalan lancar, aman, dan nyaman. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini