Sukses

[VIDEO] Ramadan, Stok Darah PMI Menyusut

Stok darah di PMI Cabang Sidoarjo, menyusut hingga 70 persen. Terutama untuk golongan A dan AB serta stok darah trombosit.

Selama Ramadan, Palang Merah Indonesia (PMI) di sejumlah daerah mulai kekurangan stok darah. Diduga para pendonor enggan mendonorkan darah saat berpuasa. Seperti halnya yang terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (20/7/2013), selama Ramadan, stok darah di PMI Cabang Sidoarjo, menyusut hingga 70 persen, terutama stok darah golongan A dan AB.

Kekurangan yang paling dirasakan adalah untuk stok darah trombosit atau keping darah, karena membutuhkan sedikitnya darah segar dari 40 donor setiap hari.

"Stok darah di sini sudah menipis hingga 70 persen terutama untuk stok darah trombosit," kata Kabag Pelayanan Umum PMI HM Asyik Yusak.

Berbagai upaya seperti memberikan souvenir dan jemput bola lewat mobil PMI belum mampu mendongkrak stok darah. Diduga karena pendonor enggan menyumbangkan darah selama berpuasa. (Adi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.