Sukses

Memperingati Bom Bali, Menabur Bunga di Laut

Enam puluh peselancar dari berbagai negara menggelar tabur bunga di tengah laut sebagai bagian dari peringatan setahun Tragedi Bom Bali.

Liputan6.com, Kuta: Mereka berdiri berjajar menghadap ke laut. Sebanyak 60 peselancar itu diam sejenak sampai muncul aba-aba. Setelah aba-aba keluar, mereka bergerak ke tengah laut, membentuk formasi berupa lingkaran. Satu per satu menaburi bunga. Inilah salah satu rangkaian acara yang digelar untuk memperingati setahun Tragedi Bom Bali di Pantai Kuta, Sabtu (11/10). Ritual yang dilakukan peselancar dari berbagai negara termasuk Afrika Selatan dan Australia itu juga pernah digelar di Negeri Kanguru, 4 Oktober silam.

Acara peringatan setahun Bom Bali akan berlangsung sepanjang Ahad besok. Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Susilo Bambang Yudhoyono serta Perdana Menteri Australia John Howard dijadwalkan hadir. Howard sudah tiba di Bali. Dia mendarat bersama istri di Bandara Ngurah Rai pukul 15.35 WITA. Tak ada penyambutan khusus menyusul kedatangan Howard. Sebab, kunjungan Howard kali ini bukan perhelatan resmi, melainkan sebagai pribadi, khususnya untuk ikut merasakan duka warga Australia yang menjadi korban Bom Bali. Howard dijadwalkan kembali ke Negeri Kanguru Senin pekan depan [baca: Selama di Bali Howard Dijaga Paspampres].

Sejauh ini, sejumlah persiapan menyangkut peringatan Bom Bali yang dipusatkan di ground zero masih dilakukan. Warga sekitar, termasuk turis mancanegara, terus memadati lokasi. Informasi yang dihimpun SCTV menyebutkan, acara yang berlangsung di ground zero dilakukan dengan melibatkan partisipasi warga, seperti renungan, pembacaan puisi, dan menyanyikan lagu-lagu. Kedutaan Besar Australia juga mengadakan acara peringatan setahun Bom Bali di Monumen Garuda Wisnu Kencana.(SID/Miko Toro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini