Sukses

Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Langkat Terendam

Sekitar 600 rumah di sepanjang radius 200 meter aliran Sungai Batang Serangan, Tanjungpura, Langkat, Sumut, terendam air. Luapan air sungai tak terkendali karena dua alat penyedot air rusak.

Liputan6.com, Langkat: Banjir kembali merendam sekitar 600-an rumah di sepanjang radius 200 meter aliran Sungai Batang Serangan Tanjungpura, Langkat, Sumatra Utara, Selasa (7/10). Luapan air sungai tak terkendali karena dua unit mesin pompa penyedot air hujan ke waduk penampung air di Tanjungpura, rusak. Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Perairan Sumut serta Unit Pelayanan Sungai Batang Serangan langkat hanya dapat menggunakan satu unit mesin pompa. Hasilnya, tentu saja tak maksimal.

Kondisi tersebut memang sangat mengkhawatirkan. Maklum, saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Perairan Sumut serta Unit Pelayanan Sungai Batang Serangan langkat hanya dapat menggunakan satu unit mesin pompa. Hasilnya tentu saja tak maksimal.

Jika kondisi ini dibiarkan, curan hujan yang kian tinggi akan membuat air sungai kian tak terkendali. Dan, sangat mungkin, lokasi banjir akan meluas. Untuk sarana transportasi di daerah itu, saat ini warga menggunakan rakit yang dibuat dari batang pisang dan bambu.

Banjir kali ini adalah yang kedua melanda Langkat dalam sepekan [baca: Langkat Dilanda Banjir]. Sebelumnya, air setinggi 80 sentimeter merendam puluhan rumah di lokasi yang sama. Selain rumah, puluhan hektare sawah siap panen juga tergenang.(AWD/Chaerul Dharma dan Cuk Arbianto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini