Sukses

Syahrial Usman Gubernur Sumsel Terpilih

Pasangan Syahrial Usman-Mahyudin terpilih sebagai Gubernur dan Wagub Sumsel periode 2003-2008. Kemenangan ini diraih dengan angka tipis atas pasangan Rosihan Arsyad-Rajab Simendawai.

Liputan6.com, Palembang: Syahrial Usman, mantan Bupati Ogan Komering Ulu dan Doktor Mahyudin, Pembantu Rektor IV Universitas Sriwijaya, terpilih sebagai Gubernur serta Wakil Gubernur Sumatra Selatan untuk periode 2003-2008. Pasangan yang mendapat dukungan dari Fraksi gabungan ini menang tipis atau selisih satu suara dari kandidat Rosihan Arsyad-Rajab Simendawai yang disokong Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Penghitungan suara yang digelar di Gedung DPRD Sumsel, Senin (4/8), ini sempat diulang tiga kali untuk meyakinkan hasil akhir.

Duet Syahrial Usman-Mahyudin memperoleh suara 38 suara dari 75 anggota DPRD Sumsel. Sedangkan pasangan Rosihan Arsyad yang masih menjabat sebagai Gubernur Sumsel dan Rajab Simendawai hanya meraih 37 suara. Sementara pasangan Hary Sohar-Marzuki Ali yang didukung Fraksi Reformasi tak mendapat suara. Seusai penghitungan suara, raut wajah Syahrial dan Mahyuddin tampak ceria.

Sebelumnya, desakan penundaan pemilihan Gubernur Sumsel sempat digelar berbagai elemen masyarakat di sana. Juli silam, ratusan mahasiswa dan warga yang mengatasnamakan Barisan Rakyat serta Mahasiswa Antikorupsi dan Antisuap mendatangi Gedung DPRD Sumsel mendesak penundaan pemilihan gubernur Sumsel. Mereka menduga puluhan anggota DPRD yang terlibat pembagian Dana Operasional Dewan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2003 sebesar Rp 12,7 miliar menggunakannya untuk kepentingan pribadi [baca: Menguat, Desakan Menunda Pemilihan Gubernur Sumsel].(ORS/Ajmal Rokian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini