Sukses

Libur Akhir Pekan, Jokowi dan Gibran Kunjungi Candi Borobudur

Jokowi mengajak Ibu Negara Iriana, anak pertamanya sekaligus Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda serta cucunya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama keluarga menghabiskan libur akhir pekan mereka dengan mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/5/2024).

Jokowi mengajak Ibu Negara Iriana, anak pertamanya sekaligus Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda. Selain itu, tampak pula dua cucu Jokowi, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih polos. Sementara itu, Gibran memakai kemeja bewarna biru tua.

Jokowi tiba di Candi Borobudur pukul 10.00 WIB. Kehadiran Jokowi dan keluarga langsung menyita perhatian pengunjung lainnya yang juga menikmati keindahan salah satu situs warisan budaya dunia tersebut.

Alif dan Tira pengunjung dari Makassar mengaku kaget dengan kedatangan Jokowi di Candi Borobudur. Namun, keduanya bersyukur bisa berjumpa dengan Jokowi.

"Surprise banget. Tadi kita lihat ada rombongan pejabat tapi kan mobilnya mobil Presiden, ternyata beliau yang datang," kata Alif dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu (25/5/2024).

Tak hanya wisatawan dalam negeri, pertemuan ini juga menjadi spesial bagi sekelompok mahasiswa pertukaran dari Belanda, Belgia, hingga Pakistan. Dia senang dapat bertemu langsung dengan Jokowi.

"It’s a lucky day for us!," ujar salah satu mahasiswi.

Candice, salah satu mahasiswi asal Belgia, menambahkan bahwa mereka telah berada di Indonesia sejak Februari lalu. Mereka merasa sangat kerasan di Indonesia karena keramahan dan kehangatan penduduknya.

"Mereka sangat ramah, sangat baik, selalu tersenyum. Mereka membuat kami merasa sangat istimewa," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisatawan Asing Terkesan dengan Kedekatan Jokowi dengan Rakyatnya

Natasha, mahasiswi asal Pakistan, terkesan dengan kedekatan Jokowi dengan rakyatnya. "Di negara saya ada presiden, tapi tidak sedekat ini dengan penduduk lokal," tutur Natasha.

Sementara itu, Heri Setiawan, pemandu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mendampingi rombongan Jokowi selama kunjungan, menyampaikan beberapa informasi tentang Candi Borobudur dan kelestariannya.

Menurut dia, Jokowi sempat bertanya terkait pengaturan pengunjung yang ingin naik ke atas candi.

"Beliau menyambut baik, memberi tanggapan positif terkait dengan pembatasan jumlah kunjungan karena mau tidak mau kalau kunjungan tidak dibatasi nanti akan mengakibatkan percepatan perusakan dan pelapukan Candi Borobudur," jelas Heri.

Selama kunjungan, Jokowi juga berinteraksi dengan cucu-cucunya, mengajarkan mereka tentang sejarah dan pentingnya pelestarian situs bersejarah. Jan Ethes menanyakan tentang relief dan stupa.

"Ini candi Buddha ya Mas Ethes? Kalau Candi Prambanan candi apa?" tanya Presiden Jokowi kepada Jan Ethes sebagaimana diceritakan Hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.