Sukses

Gus Ipul Lepas Jamaah Calon Haji Kloter 46 dari Pasuruan, Ingatkan untuk Jaga Kebersihan

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf menyebut, pemberangkatan jamaah haji pada tahun 2024 ini lancar.

Liputan6.com, Jakarta Berkat kerja sama yang baik, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf menyebut, pemberangkatan jamaah haji pada tahun 2024 ini lancar. Hal itu ia ungkapkan saat melepas ratusan jamaah calon haji yang tergabung pada Kloter 46 di Gedung Gradhika, Pasuruan, Rabu (22/4/2024).

“Kemudian, proses persiapan jamaah sudah dilalui, mulai tes kesehatan, manasik, dan pelatihan fisik sudah dilalui dan mudah-mudahan para jamaah bisa melalui proses dengan baik,” ujarnya.

Gus Ipul mengatakan, di tahun ini, para jamaah diberangkatkan dengan lebih spesial dan dilakukan dengan megah. Ia menyebut, para jamaah dikumpulkan di gedhung Kesenian Dharmoyudho dahulu untuk menikmati penampilan seperti pemutaran video, penampilan lagu-lagu religi, dan lain sebagainya.

“Memang tujuannya agar para jamaah lebih terkesan dan dapat membaca pesan dari berbagai video yang ditampilkan seperti, larangan saat di Masjid Nabawi, menjaga kebersihan," katanya.

"Jadi agar mereka mengingat selain syarat rukun haji tapi juga mengingat pesan-pesan itu dan tidak lupa mendoakan Kota Pasuruan," jelas Gus Ipul.

Ia pun menuturkan, Kota Madinah merupakan kota terbersih di dunia. Untuk itu, Gus Ipul ingin para jamaah dapat mencontoh warga Madinah untuk selalu menjaga kebersihan.

“Di sana, juga tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan. Untuk itu, Bapak-Ibu bisa terus menjaga kebersihan dan semoga kita bersama nanti bisa juga mewujudkan Kota Pasuruan menjadi Kota yang bersih,” tutur Gus Ipul

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kebersihan di Tanah Suci

Gus Ipul juga berpesan kepada seluruh jamaah calon haji agar dapat menjaga kesehatan selama di tanah suci. Dengan begitu, menurutnya, jamaah calon haji dapat melaksanakan rukun ibadah dengan sempurna.

“Dan juga jangan lupa menjaga adab, taat dengan aturan dan mengikuti semua proses dengan benar, karena jika kita tidak taat aturan nanti kita akan kena sanksi," ujarnya.

"Dan sekali lagi saya ucapkan selamat, sukses dan lancar. Dan semoga kembali ke tanah air dengan selamat, sehat dan menjadi haji yang Mabrur," jelas Gus Ipul.

Sebagaimana diketahui, Pada tahun 2024 ini, Kota Pasuruan memberangkatkan jamaah sebanyak 371 orang yang sudah terhitung dengan petugas jamaah. Dari Kota Pasuruan sendiri sebanyak 250 orang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini