Sukses

Wujudkan Swasembada Pangan, Jokowi Center dan 2 Perusahaan Bangun Food Estate di Merauke

Ketahanan pangan dan swasembada pangan merupakan cita-cita mulia bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wujudkan swasembada pangan, PT Agape Sinar Nusantara bersama Yayasan Jokowi Center dan PT Surya Cipta Gemilang memulai rencana pembuatan food estate di Merauke, Papua. Langkah itu diungkapkan Perwakilan PT Agape Sinar Nusantara, Jony Eko Saputro ditandai dengan penandatanganan kerja sama ketiga pihak di Solo, Jawa tengah pada Selasa (14/5/2024).

Lewat kerja sama tersebut, diharapkan pembangunan food estate dapat meningkatkan kemampuan Merauke menuju swasembada pangan.

"Begitu juga dengan beberapa daerah tertinggal di Papua lainnya," ungkap Jony dalam siaran tertulis, Sabtu (18/5/2024).

Hal senada disampaikan, Ketua Umum Jokowi Center, Hery Setiawan. Menurutnya, swasembada pangan dapat hadir diwujudkan lewat food estate tersebut. Mengingat lahan seluas 200 ribu hektare akan diolah untuk memproduksi sembako, kosmetik, obat-obatan hingga produk hewani.

"Ketahanan pangan dan swasembada pangan merupakan cita-cita mulia bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami optimis terwujud," ungkap Hery Setiawan.

Keyakinannya itu merujuk sejumlah persiapan yang telah dilakukan pihaknya. Di antaranya akan berencana membangun pabrik pupuk di Merauke Papua. Pupuk yang diproduksi diungkapkannya merupakan pupuk untuk tanah Papua yang memiliki kondisi khusus.

"Dalam waktu tiga tahun ke belakang kami telah pelajari dan analisa, khususnya sistem penanaman tanaman pangan di Papua," ungkap Hery.

"Termasuk kebutuhan pupuk untuk wilayah Papua yang memiliki kondisi alam khusus," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Sistem Pertanian

Bersamaan dengan itu, pihaknya telah membangun pabrik pupuk di Ngawi, Jawa Timur.. Tak hanya memproduksi tanaman pangan, lokasi ini juga akan dijadikan wisata pertanian untuk mengedukasi masyarakat. 

"Integrated farming dengan wisata edukasi pertanian akan menjadi rancangan yang akan diaplikasikan pelaksanaannya di Merauke. Kami berharap dukungan pemerintah dalam hal perijinan serta jaminan keamanan atas project ini," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.