Sukses

Ada Pencanangan HUT ke-497 Jakarta di CFD Minggu 19 Mei 2024, Simak Rekayasa Lalin!

Dishub Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) mendukung kegiatan Pencanangan HUT ke-497 Jakarta yang jatuh pada Minggu 19 Mei 2024 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan Jakarta (Dishub Jakarta) menyiapkan rekayasa lalu lintas (rekayasa lalin) mendukung kegiatan Pencanangan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-497 Jakarta yang jatuh pada Minggu 19 Mei 2024 di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Pencanangan HUT ke-497 Jakarta dilaksanakan bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) pada pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Acara akan berlangsung di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman. Sementara itu, panggung utama berada di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Kepala Dishub Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penutupan lalu lintas (lalin) akan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman dari Bundaran Patung Pemuda hingga Jalan MH Thamrin dekat Bundaran Air Mancur.

"Seperti HBKB biasanya, terdapat 20 ruas jalan yang aksesnya ditutup menuju Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (18/5/2024).

Syafrin mengimbau warga untuk mengantisipasi kerumunan. Meski begitu, menyiapkan 74 personel Dishub untuk bersiaga di titik-titik tertentu. Ada pun penutupan akses meliputi:

  1. Jalan Pintu 1 Senayan,
  2. Jalur Lambat,
  3. Simpang Susun Semanggi dan Kupingan Semanggi (Gatsu),
  4. Jalan Bendungan Hilir,
  5. Jalan K H Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5,
  6. Kupingan Kolong Sudirman,
  7. Jalan Kotabumi dan Jalan Baturaja,
  8. Jalan Teluk Betung.
  9. Jalan Kebon Kacang,
  10. Jalan Sunda,
  11. Lampu Merah Imam Bonjol,
  12. Sumenep Tosari,
  13. Landmark (Indocement),
  14. Jalan Setiabudi,
  15. Jalan Prof Dr Satrio,
  16. Jalan Masjid (Sampoerna),
  17. Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi,
  18. Jalur Lambat, Simpang Susun Semanggi dan Kupingan Semanggi (Gatsu),
  19. SCBD,
  20. Jalan Tulodong Atas 2 samping CIMB.

"Sementara akses jalan dari arah timur ke barat dan sebaliknya yang masih dapat dilintasi yaitu Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari arah barat," ucap Syafrin.

"Untuk arah dari timur ditutup di Simpang Agus Salim, Jalan KH Wahid Hasyim, dan Jalan Galunggung-Penjernihan 1," sambung dia.

Sedangkan, bagi para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dapat parkir di 41 lokasi yang telah ditetapkan Pemprov DKI Jakarta. Diharapkan parkir sebelum penutupan Jalan Sudirman-Thamrin pada pukul 06.00-10.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Selama kegiatan berlangsung, berikut rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan:

1. Rekayasa lalu lintas dari selatan ke utara, dialihkan melalui Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan K S Tubun-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Cideng-dan seterusnya, atau dapat melalui Jalan H R Rasuna Said-Jalan Prof Dr Satrio-Jalan K H Mas Mansyur-dan seterusnya, berlaku arah sebaliknya.

2. Rekayasa lalu lintas dari arah utara ke selatan, dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan M Ridwan Rais-Jalan Tugu Tani-Jalan Menteng-Jalan Cut Meutia-Jalan Dr GSSJ Samratulangi-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan HR Rasuna Said, atau melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambak-Jalan Prof Dr Saharjo-dan seterusnya.

3. Rekayasa lalu lintas dari arah barat ke timur dan sebaliknya yang masih dapat dilintasi yaitu Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih (Barat-Timur), Jalan K. H. Wahid Hasyim, Jalan Galunggung-Penjernihan 1.

4. Pengaturan situasional bagi tamu hotel/kantor kedutaan/rumah sakit di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman agar dapat menyesuaikan pengaturan yang telah ditetapkan.

5. Akan tetap disediakan lajur untuk kegiatan olahraga bagi pesepeda dan pejalan kaki di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman.

3 dari 4 halaman

Jokowi Olahraga Bersama Warga di Kawasan CFD Jakarta

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghabiskan momen akhir pekan dengam berolahraga bersama masyarakat di kawasan bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) Sudirman-Thamrin, Minggu 12 Mei 2024. Jokowi bersepeda di kawasan tersebut.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, ada ribuan masyarakat yang memadati kawasan Sudirman-Thamrin. Suasana yang ramai ini dimanfaatkan Jokowi untuk bersepeda di kawasan tersebut.

Jokowi yang mengenakan kaus berwarna putih terlihat keluar dari kompleks Istana Kepresidenan Jakarta menggunakan sepeda kayu lengkap dengan helm sepeda berwarna merah. Dengan kecepatan sedang, Jokowi mengayuh sepedanya menyusuri jalanan hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Di Bundaran HI, dia berhenti sejenak untuk beristirahat dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Momen olahraga santai oleh Jokowi ini rupanya memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat yang dapat bertemu langsung di sana.

Salah satu warga bernama Devana mengaku bangga dengan Jokowi yang terlihat santai bersepeda di kawasan HI.

"Beliau sangat merakyat. Hari ini beliau buktikan bahwa beliau merakyatnya bersama-sama dengan masyarakat untuk jalan santai di Bundaran HI," katanya.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Erwin yang memanfaatkan hari libur dengan jalan santai di Sudirman-Thamrin. Ia mengungkapkan rasa senangnya dan menilai sosok Jokowi sebagai orang yang ramah.

"Perasaannya having fun sih. Baik, bagus, orangnya humble, merakyat, mencintai rakyat," ucap Erwin.

4 dari 4 halaman

Jokowi Bersepeda di Kawasan CFD Sudirman-Thamrin pada Minggu Pagi

Pada pekan lalu, Minggu 5 Mei 2024, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghabiskan akhir pekan dengan bersepeda pagi di kawasan car free day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta. Jokowi mulai bersepeda dari Istana Merdeka, pukul 06.40 WIB.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi langsung menggowes sepeda kayu milikinya dari Istana Merdeka dan menyusuri Jalan Sudirman-Thamrin hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI). Di kawasan ini, para warga menikmati hari libur dengan berolahraga bersama keluarga.

Sepanjang perjalanan menuju Bundaran HI, sejumlah warga menyapa Jokowi dengan meneriakkan namanya. Saat di Bundaran HI, dia pun memperlambat laju sepedanya untuk menyapa dan berswafoto bersama warga.

Aufa, salah satu warga Jakarta tidak menyangka di hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day bisa bertemu dengan Jokowi.

"Aku bingung kan lagi duduk, terus habis itu ramai banget. Aku pikir pada foto sama TJ kan ternyata tiba-tiba ada Bapak Presiden," kata Aufa.

Senada, Dimas, salah satu warga yang menikmati Minggu pagi di Bundaran HI juga terkejut dengan kehadiran Kepala Negara di sana. Di mata Dimas, sosok Jokowi terlihat sederhana, berbaur dengan masyarakat untuk berolahraga bersama.

"Bapak seseorang yang sederhana, baik sekali, dan mencintai rakyatnya. Buktinya sendiri beliau juga mengikuti kegiatan bersama rakyatnya sendiri yang terjun langsung mengikuti CFD di pagi hari ini," tutur dia.

Ia pun mengungkapkan rasa senangnya dapat bertemu Jokowi. "Perasaannya sungguh senang dan sangat bahagia sekali," ucap Dimas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.