Sukses

Kapolda Jabar Sampaikan Belasungkawa atas Kecelakaan Bus Rombongan Siswa SMK Lingga Kencana

Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Akhmad Wiyagus menyampaikan belasungkawa mendalam atas peristiwa kecelakaan bus rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok di turunan Ciater, Subang, Sabtu 11 Mei 2024. Kecelakaan ini menewaskan 11 orang.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Akhmad Wiyagus menyampaikan belasungkawa mendalam atas peristiwa kecelakaan bus rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok di turunan Ciater, Subang, Sabtu 11 Mei 2024. Kecelakaan ini menewaskan 11 orang.

"Kami menyampaikan belasungkawa mendalam atas musibah ini," kata Wiyagus dikutip dari siaran persnya, Minggu (12/5/2024).

Dalam evakuasi yang dilakukan pada Minggu dini hari, Wiyagus mengungkapkan ada 11 korban meninggal dunia, 12 luka berat, 23 luka sedang, dan 14 luka ringan akibat kecelakaan tersebut.

Dia mengintruksikan jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh korban dan keluarganya.

"Berikan pelayanan terbaik kepada para korban dan keluarganya. Pastikan korban luka-luka mendapat perawatan maksimal," jelas Kapolda Jabar ini.

Menurut dia, langkah pertama yang dilakukan polisi dalam tragedi ini yakni, proses evakuasi seluruh korban ke rumah sakit. Selanjutnya, polisi melakukan penyelidilan dengan pihak terkait untuk mengungkap penyebab kecelakaan yang melibatkan bus Nopol AD 7524 OG, mobil Daihatsu Feroza Nopol D 1445 VCD dan tiga sepeda motor.

"Olah tempat kejadian perkara (TKP) sedang dilakukan dengan melibatkan pihat terkait. Kita tunggu hasil penyelidikan tim di lapangan," tutur Wiyagus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Kecelakaan

Seperti diketahui, bus pariwisata Trans Putra Fajar Nopol AD 7524 OG terlibat kecelakaan dengan Daihatsu Feroza Nopol D 1445 VCD dan tiga sepeda motor di Jl Raya Bandung-Subang, tepatnya di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (12/5/2023) sekitar pukul 18.45.

Peristiwa ini berawal saat bus yang datang dari arah selatan/Bandung menuju utara/Subang melintasi jalan menurun dan sedikit membelok ke kiri.

Tiba-tiba bus oleng ke kanan dan menabrak Daihatsu Feroza yang datang dari arah berlawanan. Usai menabrak Feroza, bus terguling miring ke kiri dengan posisi ban kiri diatas dan terselusur beberapa meter sehingga menabrak tiga sepeda motor yang tengah parkir di tepi jalan.

 

3 dari 3 halaman

11 Korban Meninggal Dunia

Bus baru terhenti setelah menabrak tiang yang ada dibahu jalan tepatnya di depan Masjid As Sa,adah Ciater Subang.

Menurut Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu, akibat kecelakaan tersebut 11 korban meninggal dunia.

Para korban adalah siswa SMK Lingga Lencana, Kota Depok. Ke-11 korban yaitu Intan Rahmawati, Dimas Aditya, Desy Yulyanti, Ahmad Fauzi, Intan Fauziah, Nabila Ayu Lestari, Raka, Robiatul Adawiyah, Tyara, Mahesya Putra, dan Suprayogi. Korban meninggal dan luka-luka langsung di evakuasi ke RSUD Subang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.