Sukses

Zulkifli Hasan Sebut Tak Ada Tim Transisi: Langsung Jalan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan, tidak ada tim transisi jelang pemerintahanan selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan, tidak ada tim transisi jelang pemerintahanan selanjutnya.

Menurut dia, pemerintahan berikutnya akan langsung berjalan. "Jadi enggak ada (tim) transisi. Langsung aja jalan," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024).

Dia menjelaskan, capres peraih suara terbanyak Prabowo Subianto selalu ikut rapat di istana. Sehingga, pekerjaan untuk pemerintahan berikutnya akan bisa langsung berjalan.

"Jadi nanti, sekarang sudah mulai kok. Pak Prabowo udah mulai bekerja kan. Setiap rapat apapun pak Prabowo udah ikut. Rapat di istana pak Prabowo ikut udah. Jadi nanti lanjut langsung," ucapnya.

Diberitakan, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak permohonan dalam gugatan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 yang dilayangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Atas dasar itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi paslon presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 pada Rabu, 24 April 2024 pukul 10.00 WIB di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

"Dilaksanakan di kantor KPU" kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Gedung MK, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Menurut Hasyim, ada tiga hal penting di dalam putusan MK ini bahwa yang pertama adalah terhadap semua pokok permohonan, baik permohonan yang diajukan oleh Paslon 01 dan 03 telah dinyatakan semua pokok permohonannya tidak beralasan menurut hukum.

"Oleh karena itu, yang kedua konsekuensinya adalah semua pokok permohonan dinyatakan ditolak untuk seluruhnya," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah dan Sah Berlaku

Yang ketiga sebagai konsekuensinya, SK KPU Nomor 360 tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilu 2024 secara nasional dinyatakan benar dan tetap sah berlaku.

"SK KPU 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Secara Nasional dianggap benar dan tetap berlaku secara sah, maka tahapan berikutnya untuk Pilpres adalah penetapan paslon presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024 yang diagendakan KPU akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 24 April 2024 jam 10.00 WIB," Hasyim menandaskan.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Kabinet

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menuturkan, ke depan Prabowo bersama Gibran dan partai pendukungnya akan melakukan persiapan secara teknis termasuk susunan kabinet dan sebagainya.

"Dalam hal penyusunan kabinet, Bang Zul (Zulkifli Hasan) sebagai ketua umum (PAN) sudah dserahkan mandat penuh oleh partai untuk melakukan komunikasi dengan presiden terpilih yakni Pak Prabowo," jelasnya.

"Mengenai siapa kader PAN yang akan diusulkan kemudian berapa yang diamanahkan kepada PAN, itu 100 persen kita serahkan kepada ketua umum. Jadi kami tidak ragu tidak ada upaya lain, kecuali kami serahkan semuanya kepada ketua umum untuk melakukan komunikasi kepada presiden terpilih," tutur Yandri.

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.