Sukses

Survei Indikator Politik Indonesia: Mayoritas Pemilih Ganjar-Mahfud Puas dengan Penyelenggaraan Pemilu

Menurut dia, kepuasan terhadap penyelenggaraan pemilu jika dilihat dari basis pemilih capres dan cawapres tertinggi berada di kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Liputan6.com, Jakarta - Survei terbaru Indikator Politik Indonesia memotret tingginya kepuasan publik terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024. Bahkan, tingginya kepuasan publik terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 juga berasal dari mayoritas pemilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Ada 51,3 persen pemilih mas Ganjar yang menyatakan puas dengan penyelenggaraan pemilu,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Persepsi Publik Atas Penegakan Hukum, Sengketa Pilpres di MK, dan Isu-Isu Terkini Pasca-Pilpres’ secara virtual, Minggu (21/4/2024).

Menurut dia, kepuasan terhadap penyelenggaraan pemilu jika dilihat dari basis pemilih capres dan cawapres tertinggi berada di kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, yakni sebesar 89,8 persen. Sementara basis pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sekadar 39,8 persen.

“Untuk basis pemilih partai, basis pemilih PDIP juga cukup tinggi, mencapai 53,5 persen. Secara umum, hanya basis pemilih PKS yang menyatakan tidak puas,” ungkap Burhanuddin.

Di luar responden partisan, secara umum mayoritas publik menyatakan puas dengan penyelenggaraan Pemilu 2024. Pasalnya, dalam temuan Indikator, sebanyak 75,7 persen menyatakan puas dengan pesta demokrasi Februari kemarin.

Rinciannya, Burhanuddin menjelaskan, 20,8 persen menyatakan sangat puas, lalu ada juga 54,9 persen yang mengatakan cukup puas. Jika digabung, angkanya menjadi 75,7 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

“Mayoritas mutlak masyarakat puas dengen penyelenggaraan pemilu. Mereka yang puas dengan penyelenggaraan pemilu datang dari semua kalangan,” kata Burhanuddin.

Survei Indikator dilakukan dalam rentang 4-5 April 2024, menempatkan 1.201 responden yang diwawancarai melalui sambungan telepon, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini