Sukses

Prabowo Ungkap Alasan Silahturahmi ke SBY Saat Momen Lebaran

Menteri Pertahanan Republik Indonesia yang juga merupakan presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto mengunjungi kediaman Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024) dalam rangka silaturahmi Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Republik Indonesia yang juga merupakan presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto mengunjungi kediaman Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024) dalam rangka silaturahmi Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H.

Prabowo datang mengenakan kemeja batik, Prabowo tiba sekitar pukul 18.40 WIB.

Dia mengatakan, silaturahmi dengan bertemu SBY menjadi hal yang spesial di momentum Idul Fitri. Sebab hal tersebut sekaligus sebagai bentuk kunjungan junior kepada seniornya. 

"Lebaran. Lebaran. Kita datang ke senior," ujar Prabowo seperti dikutip dari siaran pers diterima, Sabtu (13/4/2024).

Mengenai pertemuan Prabowo dan SBY itu, koordinator juru bicara DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkap, pertemuan di antara Prabowo dan SBY berlangsung dalam suasana yang penuh dengan keakraban dan kehangatan.

Herzaky menambahkan, pertemuan SBY dan Prabowo di hari raya ini menunjukkan persahabatan dan kesejukan yang dapat dijadikan teladan.

"Pertemuan ini menonjolkan silaturahmi dan persahabatan antara SBY dan Prabowo," ungkap Herzaky.

Sebelumnya, Prabowo telah berkeliling menemui beberapa kerabat dalam rangka Lebaran. Di hari pertama dan kedua Lebaran, Prabowo menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga di Istana Negara.

Di hari kedua, Prabowo berkunjung ke rumah politisi senior Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Harian Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, hingga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sowan ke Elite Politik di Momen Idul Fitri, Prabowo Dinilai Ikuti Jejak Jokowi

Momen Idul Fitri dimanfaatkan Ketua Umum Partai Gerindra dan presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto sowan ke sejumlah elite politik.

Analis Politik dari Aljabar Strategic Arifki Chaniago mengatakan, langkah Prabowo sebagai wujud meneladani sikap kenegarawanan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam merangkul sejumlah elite politik setelah Pilpres 2024.

“Ya kalau kita menilai bahwa dari agenda-agenda Idul Fitri ini menjadi momentum bagi para politisi apakah ini merangkul atau ini momentum untuk mendekati orang-orang yang mungkin berbeda pilihan sebelumnya,” kata dia, seperti dikutip Sabtu (12/04/2024).

Menurut Arifki, silaturahmi Prabowo ke elit politik ini menjadi peluang politik pasca pilpres untuk merangkul yang kalah dan juga menguatkan koalisi partai pendukung.

Apalagi, Prabowo dan Gibran membutuhkan dukungan penuh untuk membantu pemerintahan mereka lima tahun ke depan.

“Makanya momentum Idul Fitri menjadi momentum yang baik bagi para politisi untuk apakah ini menjadi peluang politik pasca pilpres, atau mungkin yang kalah ingin melihat opportunity juga bahwa berpotensi gak dirangkul sebagai bagian dari pemerintahan yang baru,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Langkah Strategis

Arifki pun memastikan langkah Prabowo melakukan silaturahmi sangat strategis dalam menentukan agenda-agenda politik ke depan.

“Dan saya rasa ini menjadi hal yang menarik karena memang ada agenda-agenda tersendiri bagi para politisi,” ungkapnya.

“Karena dimainkan dengan narasi yang cukup menarik sehingga ini menjadi sesuatu yang cukup oke untuk kita lihat, karena memang menjadi value yang sangat berbeda untuk kita pahami sehingga proses-proses politik ini menjadi menarik kita lihat apalagi di momen Idul Fitri,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini