Sukses

Arus Lalu Lintas ke Puncak Bogor Alami Peningkatan

Arus lalu lintas kendaraan menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, mengalami peningkatan volume sejak hari pertama libur Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Arus lalu lintas kendaraan menuju kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, mengalami peningkatan volume sejak hari pertama libur Lebaran.

"Arus wisata di Puncak sudah mengalami peningkatan sejak hari pertama libur Lebaran. Setiap hari, rata-rata 45 ribu kendaraan baik roda dua maupun empat menuju kawasan wisata puncak," kata Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi, di Pospam Gadog, Megamendung, Bogor, Jumat (12/4/2024).

Untuk memberi rasa aman sekaligus mempercepat arus lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor telah menyiapkan rekayasa yakni ganjil genap dari pukul 06.00-08.00 WIB.

Kemudian dilanjut one way atau satu arah dari Simpang Gadog sampai kawasan Riung Gunung. Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan bila kepadatan terus meningkat.

"Pagi diberlakukan ganjil genap dan rekayasa one way dari arah Jakarta menuju Puncak. Siang dilanjut dengan one way ke bawah (arah Jakarta). Ini diberlakukan situasional," kata dia.

Lebih lanjut Edwin menjelaskan pergerakan kendaraan keluar kawasan Puncak, yang terpantau Jumat (12/4/2024) siang, mengalami kepadatan. Karena itu, one way ke arah Jakarta dipercepat.

"Hari ini ada ritme kendaraan lebih banyak arus balik. Karenanya kita mempercepat pemberlakuan one way mengarah Jakarta yakni mulai pukul 11.30 WIB," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan di Akhir Pekan

Meski begitu, Edwin memprediksi masih akan terjadi peningkatan volume kendaraan mengarah kawasan Puncak, yakni pada Sabtu dan Minggu atau tanggal 13-15 April 2024.

"Puncak arus wisata diprediksi terjadi di hari Sabtu-Minggu. Dan arus balik diprediksi hari Senin, karena hari Selasa ada yang sudah masuk kerja," ujarnya.

Sementara itu, hingga pukul 15.30 WIB terpantau kepolisian masih memberlakukan one way mengarah Jakarta. Belum diketahui lalu lintas mengarah Puncak akan dibuka kembali. (Achmad Sudarno)

Caption: Kepolisian memberlakukan one way ke arah Jakarta, Jumat (12/4/2024) sore. Ini mengingat terjadi peningkatan arus balik kendaraan wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini