Sukses

Kata Sekjen PDIP Soal Kemungkinan Jokowi Silaturahmi Lebaran ke Rumah Megawati

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menggelar open house terbatas di rumahnya. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, bahwa acara silaturahmi di kediaman Megawati hanya untuk sahabat-sahabat dan orang dekatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada momen berbeda dari perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini antara Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hingga saat ini, belum ada kabar terkait pertemuan Jokowi dan Megawati.

Bahkan ketika ditanyakan terkait kemungkinan pertemuan keduanya saat momen lebaran tahun ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto secara satire mengatakan, belum ada jadwal kunjungan Jokowi ke rumah Megawati.

“Ya ini kan bisa dilihat di sana, itu kan ‘tidak ada open house’,” kata Hasto saat ditanya awak dia di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Hasto pun enggan menanggapi lebih lanjut soal pertemuan itu. Dia mengatakan bahwa acara silaturahmi di kediaman Megawati hanya untuk sahabat-sahabat dan orang dekatnya.

“Jadi dihadiri oleh sahabat-sahabat ibu yang datang, yang juga menunjukkan suatu komitmen bagi Indonesia bukan bagi keluarga hehehe terimakasih ya,” kata dia.

Berdasarkan catatan dari dua tahun ke belakang, baru tahun ini pertemuan antara Megawati dengan Jokowi belum ada kabar kepastian. Pada 2023 lalu, pertemuan keduanya terjadi saat deklarasi Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo.

Sedangkan pada tahun 2022, ketika momen lebaran diketahui bahwa Jokowi dan sang istri Iriana sempat video call dengan Megawati bersama putrinya, Puan Maharani. Momen hangat itu sempat dibagikan oleh Ketua DPR RI itu melalui akun Instagramnya @puanmaharaniri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati Pilih Lebaran Bersama Keluarga

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarno Putri nampaknya tidak akan menghadiri acara open house Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini disampaikan Ketua Umum DPP PDIP Ahmad Basarah, karena setiap momentum lebaran Megawati selalu mengisi waktu bersama keluarga besarnya dan pengurus DPP PDIP di kediamannya, di jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

“Yang saya tahu, tradisi ibu Mega di dalam setiap Idul Fitri biasanya beliau menyelenggarakan halal bi halal atau berlebaran hari pertama itu, terutama dengan keluarga besar beliau. Dengan putra putri cucu kakak adik dan keluarga besar Bung Karno dan Haji Muhammad Taufiq Keimas,” kata Basarah saat ditemui usai salat id, Rabu (10/4/2024).

“Lalu kemudian kami DPP PDI Perjuangan dan orang-orang dekat atau keluarga dekat Ibu Mega lainnya biasanya kami juga berlebaran di Teuku Umar,” tambah dia.

 

3 dari 3 halaman

Megawati Gelar Open House Terbatas

Menurut Basarah, Megawati selama ini selalu merayakan Idul Fitri dengan menggelar open house di rumahnya. Termasuk dalam lebaran kali ini, juga membuka open house secara terbatas bagi keluarga dan kerabatnya saja.

“Open house yang beliau lakukan di rumah beliau di Teuku Umar 29 itu dilakukan secara terbatas. Artinya Tidak mengundang secara terbuka layaknya pejabat tinggi negara melaksanakan open house,” kata dia.

Adapun sejauh ini nampak sejumlah tokoh yang mendatangi kediaman Megawati seperti, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Sampai dengan tamu yang mengejutkan yakni Ketua TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani yang sowan ke Megawati. Meskipun waktunya terbilang singkat, hanya lima menit pertemuan itu berlangsung.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini