Sukses

SBY Tak Hadiri Open House Presiden Jokowi di Istana

AHY menyebut, dirinya yang mewakili SBY untuk hadir dalam acara open house Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak akan hadir dalam acara open house Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (10/4/2024).

Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, ketidakhadiran SBY lantaran ada acara di kediamannya di Cikeas.

"Oh engga, ada acara di Cikeas," kata AHY di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (10/4/2024).

Dia menyebut, dirinya yang mewakili SBY untuk hadir dalam acara open house Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Saya datang mewakili (SBY)," ucap dia.

Sebelumnya, masyarakat tampak antusias untuk menghadiri open house Lebaran 2024 yang digelar oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (10/4/2024). Bahkan, ada masyarakat yang rela berangkat dari rumahnya ke Istana sejak pukul 04.00 WIB subuh.

Masyarakat yang hadir tak hanya dari Jabodetabek saja, namun juga berasal dari sejumlah daerah. Mereka tak sabar untuk bersilaturahmi dan bertemu Jokowi di momen Lebaran 2024.

"Dari jam 4 subuh. Kita dari Jakarta Barat, Bekasi, Kwitang, Tangerang, dari Manado, dari Medan," kata salah satu warga yang sedang mengantre.

"Iya (mau salaman). Foto sekalian kalau bisa," sambungnya.

Dia bahkan mengungkapkan sudah bersiap-siap sejak jam 2 subuh untuk berangkat ke Istana. Dia berharap Jokowi dapat menjalankan tugas kenegaraan dengan baik di akhir masa pemerintahannya.

"Pak Jokowi semakin sehat selalu, semakin lebih lebih sayang kita," ucapnya.

Hingga saat ini, warga masih terus berdatangan ke Istana untuk halal bi halal dengan Jokowi. Acara open house ini dibuka secara terbuka untuk warga dan pejabat negara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbuka Untuk Masyarakat

Sebelumnya, open house di Istana Negara ini juga terbuka untuk masyarakat. Untuk itu, masyarakat diminta datang menggunakan baju rapi. 

Misalnya, memakai pakaian yang sopan, tak mengenakan celana jeans, serta memakai sepatu.

"Tentu saja di hari Idul Fitri ini di hari kemenangan ini semuanya kami yakin menggunakan pakaian bebas rapih, bernuansa muslim," ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa (9/4/2024).

Acara open house ini akan dimulai pukul 09.00 WIB, usai Jokowi dan Ma'ruf melaksanakan salat Idul Fitri.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," kata dia. 

Yusuf juga meminta masyarakat untuk datang lebih awal sebab acara open house tidak digelar sampai sore hari.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yang hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," jelasnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.