Sukses

Aksi Nyata Kirim Bantuan ke Palestina Lebih Dibutuhkan Cepat Dibanding Boikot

Sejumlah pakar dan ulama menilai, aksi bantuan nyata lebih dibutuhkan dibanding melakukan boikot, menyusul agresi Israel ke Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pakar dan ulama menilai, aksi bantuan nyata lebih dibutuhkan dibanding melakukan boikot, menyusul agresi Israel ke Palestina. Warga di lokasi terdampak konflik tersebut akan lebih merasakan bantuan langsung.

Hal tersebut juga dilakukan Masjid Istiqlal. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar menjelaskan bahwa perbuatan baik yang akan dilakukan pribadi atau institusi ingin memberikan bantuan langsung ke Palestina, jangan dihentikan.

"Kami tidak melihat itu. Siapa pun yang ingin berbuat baik, baik pribadi atau institusi kami terima," ujar Nasarudin Umar di Jakarta, melalui keterangan tertulis, Sabtu (6/4/2024).

Senada, Wakil Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (KPEU MUI) Andi YH Djuwaeli menilai bahwa bantuan lebih dibutuhkan warga Palestina dibanding ramai-ramai melakukan aksi boikot.

Menurutnya, publik juga tidak perlu saling menjatuhkan sebuah instansi tertentu menyusul gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) yang tengah menggaung.

"Tidak sedikit instansi yang disinyalir terafiliasi dengan Israel telah berbuat banyak kegiatan positif di Indonesia. Banyak hal yang masyarakat belum tahu dan hafal tentang perusahaan ini jadi dimaklumi saja," kata Andi.

Apalagi, sambung dia, dengan banyaknya informasi tidak jelas atau bahkan menyudutkan yang bertebaran di media sosial. Dia melanjutkan, informasi itu pada akhirnya dapat mempengaruhi cara berpikir seseorang akan suatu hal hingga akhirnya larut dalam gerakan BDS.

"Jadi tentang isu yang negatif ini lebih baik kita lawan saja dengan kegiatan yang positif," ucap Andi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buzzer Tak Perlu Dilawan

Pegiat ekonomi keumatan ini melanjutkan, peredaran informasi hoaks atau yang disebarkan oleh buzzer di media sosial sebaiknya tidak perlu dilawan. Dia mengatakan, hal tersebut justru hanya akan membuat kisruh kondisi saat ini di dalam negeri.

"Lebih bagus kita aksi nyata saja kan lebih bermanfaat bagi seluruh masyarakat," terang Andi.

Seperti diketahui, gerakan BDS yang saat ini didengungkan menyasar sejumlah perusahaan multinasional yang sudah lama beraktivitas di Indonesia. Salah satunya, adalah Danone Indonesia yang disudutkan sebagai perusahaan yang terafiliasi Israel.

Kantor Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) juga telah merilis daftar nama-nama perusahaan yang jelas terafiliasi dalam mendukung agresi Israel ke Palestina. Di antara nama-nama perusahaan tersebut, tidak ada nama perusahaan Danone.

Banyak tokoh agama dan pakar ekonomi mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak dalam narasi boikot yang banyak berisi disinformasi dan hoaks dalam menentukan kriteria siapa yang dianggap mendukung Israel. Mereka mengajak masyarakat untuk bijak menyikapi isu boikot ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.