Sukses

Rambu Petunjuk Arah Mudik Lebaran Dipasang di Sejumlah Ruas Jalan Tangerang

Pemkot Tangerang menyiapkan sejumlah langkah untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024. Salah satunya dengan memasang Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) bagi pemudik di beberapa simpang jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Tangerang menjadi salah satu wilayah yang menjadi perlintasan jutaan pemudik yang hendak menuju ke Pelabuhan Merak atau menuju Jakarta. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pun menyiapkan berbagai cara untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran 2024.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang bersama Polres Metro Tangerang melakukan pemasangan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) di beberapa simpang jalan.

Kepala Dishub Kota Tangerang Achmad Suhaely menuturkan, pemasangan RPPJ tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menyambut arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri. Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan kemudahan kepada para pemudik yang rute perjalanannya melewati Kota Tangerang.

“Kami telah melakukan pemasangan rambu penunjuk jalan. Nantinya, rambu-rambu tersebut dapat dimanfaatkan para pemudik yang melintasi Kota Tangerang, seperti di sepanjang jalan utama arah Jakarta-Serang atau pun sebaliknya,” ujar Suhaely, Kamis (4/4/2024).

Dishub Kota Tangerang bersama Polres Metro Tangerang Kota telah memasang puluhan RPPJ di beberapa titik lokasi strategis yang telah ditentukan. Terlebih, pemasangan RPPJ tersebut dapat membantu arus lalu lintas, khususnya bila diterapkan skema khusus selama musim mudik lebaran berlangsung.

“Pemasangan rambu-rambu ini mempunyai banyak manfaat tentunya, seperti memperlancar arus lalu lintas, menghindari kecelakaan, serta menghindari risiko sesat atau salah jalan, sehinga efesiensi perjalanan dapat dirasakan para pemudik yang melintasi Kota Tangerang,” tambahnya.

Selain itu, Dishub Kota Tangerang berharap para pemudik dapat memanfaatkan RPPJ tersebut, serta pelayanan-pelayanan lain yang saat ini mulai disiapkan menjelang musim mudik lebaran, seperti posko mudik, pelayanan kesehatan, dan lain-lain. 

“Kami juga terus mengimbau kepada para pemudik untuk selalu berhati-hati selama perjalanan, mematuhi rambu-rambu yang telah ditetapkan, serta bisa mampir ke posko-posko mudik yang sedang dalam proses persiapan,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Juta Pemudik Bakal Tinggalkan Kota Tangerang

Sementara itu, diperkirakan akan ada 1 juta penduduk Kota Tangerang yang akan mudik Lebaran. Jumlah tersebut merupakan lebih dari 50 persen dari total penduduk di wilayah tersebut.

"Perkiraan kami masyarakat Kota Tangerang yang akan pulang kampung atau mudik di Hari Raya Lebaran 2024 ini, jumlahnya akan lebih dari 50 persen atau sekitar 1 juta orang," kata PJ Wali Kota Tangerang, Nurdin.

Tingginya jumlah masyarakat yang berangkat mudik tersebut, lantaran mayoritas penduduknya adalah pendatang. Umumnya mereka merupakan masyarakat yang memilih Kota Tangerang sebagai tempat tinggal, lantaran bekerja di pabrik-pabrik dalam kota dan juga wilayah Jabodetabek.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Tangerang pun akan berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk memastikan kesiapan sebelum masyarakat memuli aktivitas mudik.

"Selain itu pengawasan juga telah dilaksanakan dengan melakukan rambu petunjuk arah dan memeriksa kesehatan terhadap pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP),"katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini