Sukses

Tinjau RSUD Sultan Thaha di Jambi, Jokowi Sebut Kekurangan Dokter Spesialis Jantung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Thaha Saifuddin, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Rabu (3/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Thaha Saifuddin, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, Rabu (3/4/2024). Dalam kunjungannya, Jokowi menyoroti soal fasilitas dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Ya saya melihat RSUD Sultan Thaha ruangnya bagus, bersih," ujar Presiden dalam keterangan pers diterima, Kamis (4/4/2024).

Meski dua hal itu masuk kategori baik, namun Jokowi menilai pemerataan tenaga kesehatan masih kurang. Sebab dirinya menemukan RSUD Sultan Thaha masih kekurangan dokter spesialis jantung. 

Meski demikian, dia memastikan RSUD Sultan Thaha telah memiliki fasilitas yang memadai untuk mencakup layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

"Ini cukup, lebih dari cukup lah, bisa meng-cover seluruh layanan kesehatan yang diinginkan masyarakat. Ini kan dari sisi keluasan hektarenya 10 hektare lebih, kalau memang kurang ya ditambah ruangan saja, dikembangkan," yakin dia. 

Menurut Jokowi kunjungan ini penting untuk melihat langsung kesiapan setiap daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Berdasarkan program pemerintah di tahun ini, rencananya akan dikirimkan sejumlah peralatan medis yang dibutuhkan masyarakat ke setiap rumah sakit di daerah.

"Kita ingin mengirimkan CT Scan, mammografi, cath lab tahun ini sehingga persiapan di sini harus, karena ini alat-alat gede yang butuh listrik, butuh ruangan, butuh dokter spesialis yang bisa mengelola ini sehingga saya datang dan ingin memastikan dan saya lihat di sini siap," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jambi Al Haris, dan Pj. Bupati Tebo Varial Adhi Putra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tinjau Pasar Tanjung Bungur Jambi, Jokowi Pantau Harga dan Stok Beras

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung kondisi harga bahan pangan yang ada di Pasar Tanjung Bungur, Jambi. Berdasarkan pantauan Presiden, harga-harga di pasar tersebut cukup terkendali, terutama beras.

"Ya paling penting harga-harga semuanya baik, utamanya ini ketemu beras di sini harganya baik, juga tadi saya lihat baik, sama seperti harga-harga bawang merah, bawang putih,” ujar Kepala Negara di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Rabu (3/4/2024).

Sedangkan terkait ketersediaannya, Jokowi mengatakan stok beras masih dalam kondisi aman dan masih relatif stabil.

"Stoknya tidak ada masalah, ini tadi yang SPHP juga ada semua dari Bulog, artinya secara stok ada," jelas Presiden.

3 dari 3 halaman

Disambut Warga dengan Hangat

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga sempat menyapa dan menerima ajakan swafoto dari para pedagang dan masyarakat yang hadir di Pasar Tanjung Bungur. Salah satunya adalah Wendi, pedagang beras dan telur yang mengaku tidak menyangka bisa bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Senang sekali, kapan lagi kan ketemu sama orang nomor satu di tempat kita ini," ucap Wendi.

Senada, Feri Siahaan, warga sekitar yang sengaja datang ke pasar untuk bertemu Presiden Jokowi turut menyampaikan kegembiraannya. Menurutnya, kedatangan Presiden ke Kabupaten Tebo sebagai sebuah sejarah.

"Bangga sekali, bersyukur bisa datang ke sini, memang suatu berkat bagi kami datang Bapak Presiden. Kepengin (ketemu) orang nomor satu di Indonesia, belum pernah sejarahnya presiden ke sini," tutur Feri.

Sebagai informasi, turut mendampingi Presiden dalam kegiatan ini adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jambi Al Haris, dan Pj. Bupati Tebo Varial Adhi Putra.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.