Sukses

Cuaca Besok Jumat 5 April 2024: Langit Pagi Jakarta Diprediksi Berawan

Jakarta besok, Jumat 5 April 2024 langit pagi harinya diprediksi berawan, kecuali Kepulauan Seribu hujan dengan intensitas ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca besok.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta besok, Jumat 5 April 2024 langit pagi harinya diprediksi berawan, kecuali Kepulauan Seribu hujan dengan intensitas ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca besok.

Untuk siang hari, cuaca hujan ringan diprediksi guyur Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, waspada hujan petir di Jakarta Barat, serta sisanya cerah berawan, seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Cuaca Jakarta malam hari diprakirakan keseluruhannya cerah berawan, kecuali Kepulauan Seribu hujan berintensitas ringan.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat langit paginya diprediksi cerah berawan, namun siang hingga malam hari turun hujan dengan intensitas sedang.

Sedikit berbeda di Kota Bogor, Jawa Barat diprakirakan cuaca pagi cerah berawan, waspada hujan petir di siang, dan malam hari hujan berintensitas sedang.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat di sertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal pada pagi hingga dini hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang," kata BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Sementara itu di Kota Tangerang, Banten langit pagi hari diprediksi cerah berawan dan siang hingga malam berawan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Petir  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu   Hujan Ringan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Petir  Hujan Sedang
 Tangerang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Termasuk Jatim, BMKG Imbau 15 Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menetapkan siaga dan waspada cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang di 13 wilayah di Indonesia.

Ke-13 daerah berstatus waspada itu meliputi, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kemudian, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar untuk wilayah Denpasar Bali, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung Jawa Barat, Semarang, dan Ambon Maluku.

Selanjutnya BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Bandar Lampung, Bengkulu, pada pagi-siang hari.

Kemudian kota lainnya, seperti Serang Banten, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, Surabaya diprediksi berawan pada pagi dan malam hari.

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar hujan berawan – hujan sedang pada pagi hingga siang hari, dan cerah berawan dengan kelembaban 80-90 persen pada malam hari, dengan suhu 24-30 derajat celcius.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan potensi terjadinya cuaca ekstrem yang dapat berujung kebencanaan meningkat di sebagian besar daerah hingga sepekan ke depan dipicu akibat adanya intervensi bibit siklon tropis.

3 dari 3 halaman

Bibit Siklon Tropis 94S

Menurut Dwikorita, terdapat tiga bibit siklon tropis; Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.

Berdasarkan analisis meteorologi diketahui bahwa Bibit Siklon Tropis 91S memiliki kecepatan angin maksimum 30-35 knots (56 – 65 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 994 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon tropis pada kategori sedang-tinggi.

Selanjutnya, bibit Siklon Tropis 94S memiliki kecepatan angin maksimum 15 - 20 knots (28 - 37 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 999.9 hPa, pergerakan ke arah timur-tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis.

Begitu pula, Bibit Siklon Tropis 93P memiliki kecepatan angin maksimum 20 - 25 knots (37 - 46 km/jam), tekanan udara di pusat sistem sebesar 1003 hPa, pergerakan ke arah tenggara, dan peluang untuk menjadi Siklon Tropis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.